Vivo Y12s vs Y20s: Perbedaan Spek dan Harga Hp Terbaru Vivo 2020

Oleh: Ibnu Azis - 27 November 2020
Dibaca Normal 3 menit
Vivo Y12s dan Vivo Y20s menyasar segmen berbeda. Berkaca dari spesifikasi dan harga, seri hp terbaru Vivo 2020 mana yang cocok untuk Anda?
tirto.id - Vivo Indonesia pada penghujung tahun 2020 ini telah merilis dua jagon baru lini seri Y mereka yaitu Vivo Y12s dan Vivo Y20s. Menyasar segmen yang berbeda, dua hp Android terbaru Vivo itu menawarkan harga dan spesifikasi kompetitif di kelasnya. Seri Y mana yang cocok untuk Anda?

Berkaca dari spesifikasi yang diusung, Vivo Y12s cocok bagi pengguna entry-level yang baru beralih dari ponsel fitur ke smartphone. Ponsel yang dirilis bulan November 2020 ini juga bisa jadi opsi bagi mereka yang ingin merasakan canggihnya smartphone tapi masih nyaman pakai ponsel fitur.

Sementara Vivo Y20s bisa menjadi upgrade bagi pengguna ponsel entry-level yang ingin naik kelas ke perangkat yang lebih gegas. Ponsel mid-range yang dipasarkan sejak Oktober lalu itu secara teori membawa peningkatan spesifikasi dari Vivo Y12s.

Bila dibandingkan, Vivo Y12s dan Vivo Y20s tampak berbeda pada spesifikasi chipset, RAM, dan kamera. Sementara untuk urusan desain keduanya tampak identik, macam layar waterdrop, bezel tebal pada dagu, susunan modul kamera belakang, hingga penempatan sensor sidik jari.


Spesifikasi dan Harga Vivo Y20s

Vivo Y20s membawa memori besar 8GB RAM/128GB ROM yang penyimpanan internalnya masih bisa diperluas hingga 256G. Penyimpanan yang luas bikin pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan memori untuk menyimpan berbagai file.

Dari sisi desain, Vivo Y20s menghadirkan AG Design dan Glass Look Design dengan 2 pilihan warna yakni Purist Blue dan Obsidian Black. AG Design bikin pengguna tidak perlu khawatir akan jejak kotor jari yang tertinggal di bagian belakang saat menggenggam Vivo Y20s.

Vivo Y20s dibekali baterai 5.000 mAh yang bikin pengguna tidak perlu risau kehabisan baterai saat menjalani berbagai aktivitas. Ditambah dengan pengisian daya cepat 18W FlashCharge yang membuat pengguna tidak perlu khawatir saat mengisi daya.

Di sisi keamanan, Vivo Y20s didukung dengan teknologi terkini melalui Ultra Fast Side Fingerprint yang ditempatkan di sisi layar smartphone, disesuaikan dengan letak jari pengguna yang lebih natural untuk memudahkan saat membuka kunci layar.

Soal performa, Vivo Y20s ditenagai Snapdragon 460 yang mampu memastikan pengalaman mobile terbaik bagi para pengguna saat menjalankan berbagai aplikasi berat dari multitasking hingga bermain game mobile.

Untuk kebutuhan fotografi, Vivo Y20s dilengkapi dengan AI Triple Macro Camera dengan konfigurasi 13MP Main Camera, 2MP Super Bokeh, dan 2MP Super Macro. Saat dirilis pada 23 Oktober 2020, Vivo Y20s dibanderol seharga Rp3.099.000.


Spesifikasi dan Harga Vivo Y12s

Vivo Y12s didukung Elegant Glass Look Design untuk body finishing yang bikin smartphone ini seolah dilapisi oleh bahan kaca dan membuatnya tampak lebih elegan. Penempatan tombol kunci layar di sisi samping bodi bikin Vivo Y12s tampak lebih mewah.

Vivo Y12s adalah pilihan tepat bagi para pengguna yang membutuhkan smartphone yang tahan lama dalam hal daya untuk menemani beraktivitas seharian lantaran didukung dengan kapasitas baterai besar 5.000 mAh.

Vivo mengklaim seri Y12s mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam bermain game yang berat, lebih dari 16 jam saat menonton video, 23 jam dalam panggilan telepon tanpa berhenti, dan lebih dari 1 bulan dalam keadaan standby.

Dari segi performa, Vivo Y12s didukung dengan 3GB RAM dan 32GB ROM yang dapat ditambah hingga 256GB lewat memori eksternal untuk menyimpan berbagai file meliputi dokumen, foto, lagu hingga video berukuran besar sekalipun.

Pada panel, Vivo Y12s mengusung Ultra All Screen dengan ukuran layar 6,51 inch beresolusi HD+. Layarnya didukung dengan Eye Protection Mode yang mampu menyaring sinar biru pada smartphone sehingga mata pengguna dapat merasa nyaman dan tetap aman.

Vivo Y12s juga memanjakan gamer lantaran didukung dengan Multi-Turbo 3.0 yang memberikan pengalaman terbaik seperti mengurangi lag, memaksimalkan koneksi internet, mempercepat loading aplikasi serta menjaga temperatur tetap rendah.

Untuk software, Vivo Y12s didukung oleh Funtouch OS 11 berbasis Android 10 yang semakin menyempurnakan pengalaman pengguna dalam menggunakan smartphone sehari-hari.

Dari segi kamera, Vivo Y12s mengusung kamera belakang beresolusi 13MP pada lensa utama dan 2MP pada lensa super bokeh. Sedangkan di bagian depan didukung dengan kamera depan beresolusi 8MP.

Saat diperkenalkan pada 26 November 2020 lalu, Vivo Y12s dibanderol seharga Rp1.999.000.


Berikut ini tabel perbandingan spesifikasi Vivo Y20s dan Vivo Y12s untuk memahami letak perbedaan "spek" di antara dua ponsel tersebut.

Spesifikasi
Vivo Y12s
Vivo Y20s
Layar 6,51 inci HD+ 6,51 inci HD+
Kamera 13MP + 2MP 13MP + 2MP + 2MP
Selfie 8MP 8MP
Baterai 5.000mAh 5.000mAh
RAM 3GB 8GB
Memori 32GB 128GB
CPU Helio P35 Snapdragon 460
Harga Rp1.999.000 Rp3.099.000


Seri Y Mana yang Cocok?

Bagi pecinta fotografi, Vivo Y20s layak dipertimbangkan meski harganya lebih mahal. Pasalnya, ponsel ini dibekali kamera dengan lensa lengkap, yaitu wide, macro, dan depth, yang mana lensa macro absen di Vivo Y12s.

Lensa macro di Vivo Y20s punya resolusi 2MP yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto objek-objek kecil seperti miniatur hingga makanan. Lensa ini mampu menangkap objek dengan lebih tajam pada jarak 4cm.

Lain itu, Vivo Y20s dibekali dengan kapasitas memori besar yaitu 128GB. Artinya ponsel ini memungkinkan untuk menyimpan berbagai foto hingga 38 ribu foto atau 200 video drama berkualitas tinggi.

Sementara Vivo Y12s bisa jadi opsi bagi konsumen yang bujetnya terbatas. Pasalnya spesifikasi perangkat ini pada hardware tertentu setara dengan Vivo Y20s, macam kapasitas baterai, diagonal layar, dan tipe panel.

Vivo Y12s juga mendukung Multi-Turbo 3.0 yang cocok bagi konsumen yang hobi main game. Performa Vivo Y12s pun sudah cukup mumpuni untuk meladeni kebutuhan penggunaan smartphone harian macam main media sosial hingga streaming video atau musik.


Baca juga artikel terkait VIVO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight