Vivo V5 Plus Andalkan Kamera Selfie Ganda, Masih Bersaing di 2019?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 7 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Vivo V5 Plus masih cukup memadai untuk kebutuhan komunikasi termasuk fotografi bila berkaca dari fitur dan performanya.
tirto.id - Vivo V5 Plus merupakan salah satu smartphone kelas menengah yang menonjolkan kemampuan foto selfie dengan kamera depan ganda, masing-masing 20MP dan 8MP. Smartphone yang pertama kali diperkenalkan pada Januari 2017 ini mengusung konsep selfie sentris dan membidik generasi milenial.

Harga Vivo V5 Plus terbaru per Juli 2019 berada di kisaran Rp 2,8 juta dalam kondisi baru dan bergaransi resmi. Sedangkan harga bekas smartphone Vivo V5 Plus berada di kisaran Rp 1,7 juta atau lebih murah tergantung kondisi ponsel.

Jika dilihat dari fitur dan performanya, Vivo V5 Plus masih cukup memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari termasuk fotografi. Sebab, performa kamera depan masih andal di kelasnya. Vivo V5 Plus kondisi bekas masih dapat dipertimbangkan.

Spesifikasi Vivo V5 Plus cukup kompetitif di masanya dengan dukungan panel sentuh berukuran 5,5 inci FHD+ tipe IPS yang menawarkan rasio screen-to-body hingga 73%, dengan aspek rasio layar 16:9. Panel Vivo V5 Plus ini dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

Sektor perangkat lunak, Vivo V5 Plus menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka Funtouch OS 3 kaya fitur. Namun, hingga hari ini Vivo V5 Plus tidak mendapat upgrade OS Android ke versi lebih baru.

Sementara untuk menunjang kinerjanya, Vivo V5 Plus disokong chipset Snapdragon 625 berkonsep octa-core kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan dengan RAM 4GB. Kemampuan ponsel ini untuk diajak main game cukup mumpuni berkat dukungan GPU Adreno 506.

Vivo V5 Plus dibekali penyimpanan internal 64GB, tapi tak dibekali slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Ponsel ini dilengkapi sensor sidik jari yang terketak pada sisi depan ponsel. Untuk mendukung aktivitas keseharian pengguna, Vivo V5 Plus dibekali baterai 3.160mAh, tapi belum mendukung fitur Fast Charging.

Fotografi menjadi andalan Vivo V5 Plus berkat dukungan kamera depan ganda. Kamera utama berkekuatan 20MP dengan sensor 1/2.8 inci ditandemkan lensa bukaan f/2.0 dan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel sebagai depth sensor.

Kemampuan kamera belakang Vivo V5 Plus tak kalah menarik lantaran dibekali kamera utama berkekuatan 16MP dengan sensor 1/3.1 inci 1um piksel ditandemkan lensa bukaan f/2.0 yang dilengkapi fitur PDAF dan LED flash. Kamera belakangnya mampu merekam video hingga 2K dengan frame rate 30fps.


Baca juga artikel terkait VIVO atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight