Virus Corona B117, Pemerintah Sebut Vaksin COVID-19 Masih Efektif

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 5 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif melawan mutasi COVID-19 asal Inggris B117.
tirto.id - Mutasi varian virus Corona B117 asal Inggris saat ini sudah masuk Indonesia. Virus Corona B117 ini dianggap lebih cepat menular dari pada virus Corona (SARS-CoV-2). Sebelumnya beredar informasi bahwa vaksin yang ada saat ini bahkan tak sesuai untuk mutasi virus ini.

Namun, pemerintah memastikan bahwa vaksin COVID-19 yang kini tengah digunakan di Indonesia masih efektif melawan mutasi virus Corona B117 sehingga masyarakat diimbau untuk tidak terlalu khawatir dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif dalam melawan mutasi COVID-19 asal Inggris B117. Untuk itu kami meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait dampak masuknya varian COVID-19 B117 terhadap efikasi vaksin," ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Menurutnya, dari berbagai literatur dan perkembangan penanganan virus Corona di dunia, varian baru B117 ini dilaporkan lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal Corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Namun, menurut Wiku, kemunculan varian baru virus Corona merupakan hal yang lazim di masa pandemi. Virus bisa terus bermutasi seiring dengan masih tingginya angka penularan yang terjadi di masyarakat.

"Maka dari itu, saya minta masyarakat jangan khawatir berlebihan peneliti di dunia termasuk Indonesia terus melakukan penelitian soal COVID-19 dan mutasinya," kata dia.

Situasi ini akan menjadi tantangan bagi para pelaku riset untuk mengembangkan studi epidemiologis secara analitis. Kehadiran virus baru tersebut langsung disikapi secara cepat mengingat Indonesia hingga kini belum keluar dari pandemi COVID-19.

"Seiring dengan potensi virus ini bermutasi, peneliti terus melakukan peneltian lebih lanjut apa saja mutasi dan varian baru yang muncul. Hal ini dimaksudkan agar kita mengerti apa saja implikasi dari varian tersebut dan tentunya solusi untuk menghadapinya," kata dia.

Sehingga, di samping menunggu hasil penelitian, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dengan selalu memakai masker, mencuci tangan secara berkala, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas jika dirasa tidak penting.


Baca juga artikel terkait MUTASI B117 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight