Virgil Van Dijk Pemain Terbaik UEFA 2019 Kalahkan Messi-Ronaldo

Oleh: Fitra Firdaus - 30 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Virgil Van Dijk resmi menjadi Pemain Terbaik UEFA (UEFA Men's Player of the Year) 2018/2019 mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.
tirto.id - Virgil Van Dijk resmi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik UEFA 2018/2019 pada Kamis (29/8/2019). Bek yang membantu Liverpool menjadi juara Liga Champions musim lalu tersebut mengalahkan dua kandidat utama lainnya, Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

"Sang bek internasional Belanda mengalahkan Pemain Terbaik UEFA tiga kali Cristiano Ronaldo dan pemenang dua kali Lionel Messi. Bek tengah berusia 28 tahun itu menerima trofi di atas panggung di Monako selama undian babak penyisihan grup Liga Champions," keterangan dalam situs web resmi UEFA.

Virgil Van Dijk layak mendapatkan trofi Pemain Terbaik UEFA 2018/2019 seiring dengan kesuksesannya membawa gelar Liga Champions keenam untuk timnya. Dalam final musim lalu, Van Dijk sukses mematikan lini depan Tottenham, lawan The Reds. Ia bahkan terpilih sebagai man of the match laga puncak di Wanda Metropolitano, Madrid.

Dalam catatan UEFA, sejak didatangkan dari Southampton pada Januari 2018, Virgil Van Dijk meraih clean sheet "lebih banyak dari bek-bek di lima liga elite Eropa pada 2018/2019". Sang pemain internasional Belanda tidak hanya tangguh di belakang, tetapi juga punya jiwa kepemimpinan, dan kadang membantu timnya dalam urusan mencetak gol.



Pemilihan Pemain Terbaik UEFA 2018/2019 didasarkan pada voting total 80 pelatih yang klubnya tampil di babak utama kompetisi Eropa musim lalu, yang terdiri dari 32 pelatih tim di penyisihan grup Liga Champions dan 48 pelatih tim peserta fase grup Liga Eropa. Selain itu ada 55 jurnalis terpilih European Sports Media (ESM), yang mewakili negara masing-masing.

Juri berhak memilih tiga pemain teratas untuk Pemain Terbaik UEFA 2018/2019. Pemain urutan pertama mendapatkan lima angka, pemain urutan kedua memperoleh tiga angka, dan yang ketiga satu angka. Sebagai catatan, para pelatih tidak dapat memilih pemain dari tim mereka sendiri.

Virgil Van Dijk total mendapatkan 305 poin. Perolehan angkanya jauh lebih banyak daripada Lionel Messi, sang pesaing terdekat yang memperoleh 207 poin. Sementara itu, Cristiano Ronaldo di urutan ketiga memiliki total 74 poin.

Sejak dimunculkan pertama kali pada musim 2010/2011 dengan nama awal UEFA Best Player in Europe Award, total sudah ada enam pemain yang memenangi penghargaan ini dalam 9 musim. Hanya Cristiano Ronaldo (3 kali) dan Lionel Messi (2 kali) yang tercatat bisa mendapatkan gelar ini lebih dari sekali.

Musim 2017/2018, Luka Modric (Real Madrid) menjadi peraih gelar UEFA Men's Player of Year Award. Gelandang Real Madrid itu mengalahkan Cristiano Ronaldo yang kala itu masih menjadi rekan setimnya, dan Mohamed Salah (Liverpool).

Baca juga artikel terkait PIALA SUPER UEFA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight