Viking Bali Imbau Bobotoh Soal Lagu Rasis di Final Liga 1 U-19

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 26 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Bobotoh yang hadir ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali diimbau untuk tak menyanyikan lagu rasis saat pertandingan.
tirto.id - Jelang partai final Liga 1 U-19 antara Persib vs Persija di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (26/11/2018), Viking Bali mengajukan peringatan kepada Bobotoh yang salah satunya mengatur soal nyanyian rasis. Dalam imbauan resminya, mereka melarang adanya nyanyian rasis dari Bobotoh selama 90 menit pertandingan berlangsung.

Apabila suporter Persib kedapatan menyanyikan lagu rasis, hukuman tegas pun dipersiapkan. Sekali lagu rasis terdengar, maka laga akan dihentikan. Dua kali terdengar, laga dihentikan lagi. Lalu seandainya untuk kali ketiga Bobotoh melanggar peringatan tersebut, pertandingan bakal diakhiri dengan Persija U-19 dinobatkan sebagai juara kompetisi.

Atas imbauan tersebut, Viking Bali juga mengharapkan kerja sama dari Bobotoh untuk melapor apabila ada oknum penyusup di antara mereka yang ingin melanggar aturan. Pasalnya, adanya imbauan ini juga bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk merugikan Persib U-19.

Tak hanya soal lagu rasis, Bobotoh juga mendapat peringatan dari Viking Bali untuk tidak membawa minuman keras dan senjata tajam ke area stadion. Walau demikian, Bobotoh yang hadir tetap diperbolehkan memakai atribut Persib Bandung.

Aturan ini terkesan sepihak. Namun memang Bobotoh jadi satu-satunya pihak yang mendapat peringatan lantaran di pihak berlawanan the Jakmania terkena sanksi larangan hadir ke stadion.

Sanksi diberikan PSSI lantaran pada pertemuan Persija vs Persib U-19 sebelumnya, ada sejumlah Jakmania yang kedapatan mengganggu jalannya pertandingan dengan turun ke lapangan. Akibat ulah Jakmania ini, pertandingan tersebut sempat tertunda beberapa menit.

Dalam pertemuan tersebut Persib Bandung sukses mencukur Persija Jakarta empat gol tanpa balas. Beckham Putra Nugraha gemilang dengan sumbangan hattrick.

Tekad mengulang kemenangan dibawa skuat asuhan Budiman. Setidaknya, menjadi juara Liga 1 U-19 bisa jadi pelipur lara bagi Bobotoh yang baru saja mendapat pukulan telak lantaran tim senior Persib gagal jadi juara GoJek Liga 1 2018.

"Ini final kedua bagi kami. Saya sampaikan kepada pemain untuk main maksimal, kerja keras dan jangan anggap remeh lawan. Bagi beberapa pemain, ini juga kesempatan terakhir jadi juara," kata Budiman seperti dikutip laman resmi klub.

Sementara dalam pernyataannya, kapten tim Persija U-19, Adhe Owen berjanji ia dan rekan-rekannya tidak akan terbebani masa lalu. Ia yakin para pemain sudah belajar dari kekalahan telak saat bersua Persib sebelumnya.

"Kekalahan kemarin tentunya jadi motivasi kami. Mudah-mudahan kami bisa memperbaiki kekurangan kemarin agar kami lebih baik lagi di laga final," tandasnya.

Kickoff pertandingan Persib vs Persija U-19 dijadwalkan pukul 18.30 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini dapat disaksikan lewat live streaming.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 U-19 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan