Vietnam Juara Piala AFF 2018 Setelah Kalahkan Malaysia

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kemenangan dengan skor 1-0 di final leg 2 atas Malaysia membuat Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 dengan aggregat 3-2.
tirto.id - Pertandingan final Piala AFF 2018 leg 2 antara Vietnam vs Malaysia yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi pada Sabtu (15/12/2018) berakhir dengan skor 1-0. Penyerang veteran berusia 33 tahun, Nguyen Anh Duc mencetak gol tunggal sekaligus membuat aggregat menjadi 3-2.

Dengan hasil ini, Vietnam keluar sebagai juara Piala AFF 2018. Raihan tersebut sekaligus membuat The Golden Stars meraih juara Piala AFF untuk kedua kalinya setelah terakhir kali juara terjadi pada 2008. Sementara bagi Malaysia, kegagalan ini membuat mereka menyamai pencapaian pada 2014. Saat itu, Harimau Malaya juga kalah di final oleh Thailand.


Vietnam Unggul di Babak Pertama

Tak butuh waktu lama, Vietnam telah unggul pada menit keenam. Berawal dari serangan di sisi kiri, Nguyen Quang Hai yang melepaskan umpan ke dalam kotak penalti mampu diterima oleh Nguyen Anh Duc. Tanpa kontrol, pemain berusia 33 tahuin itu melepaskan sepakan keras yang tak mampu dibendung Farizal Marlias. Skor 1-0.

Setelahnya, kedua tim saling melancarkan serangan. Namun, tak ada peluang yang benar-benar berbahaya baik dari kubu tuan rumah maupun dari tim tamu hingga waktu memasuki 40 menit babak pertama.

Peluang yang membahayakan akhirnya didapat Malaysia satu menit jelang laga usai melalui kaki Syahmi Safari. Memiliki ruang kosong, pemain bernomor punggung empat itu melakukan tendangan melengkung yang sayangnya masih bisa diantisipasi Dang Van Lam.

Peluang tersebut menjadi yang terakhir di babak pertama sebab tak lama berselang wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.


Pertahankan Keunggulan di Babak Kedua

Di awal babak kedua, Malaysia mencoba keluar dari tekanan tuan rumah. Baru lima menit paruh kedua berlangsung, Mohamadou Sumareh hampir saja mencatatkan namanya di papan skor andai sundulannya tak diantisipasi Dang Van Lam.

Kendati gagal pada percoabaan pertama, anak asuh Tan Cheng Hoe tak menyerah. Empat menit berselang, giliran Safawi Rasid yang hampir saja menggetarkan gawang Vietnam melalui tendangan bebas. Lagi, sepakan pemain Johor Darul Takzim itu masih bisa diantispasi. Skor tetap 1-0.

Meski unggul satu angka, Vietnam tak tinggal diam. Pada menit ke-72, Do Hung Dung hampir saja menggandakan keunggulan The Golden Stars. Mendapatkan ruang tembak dari lini tengah, Hung Dung melepaskan sepakan keras, akan tetapi tendangannya kelewat tinggi sehingga tak mengubah keadaan.

Di sisa laga, tempo permainan cenderung melambat. Malaysia yang membutuhkan gol guna menaikkan mental justru kerap ditekan. Sebaliknya, tuan rumah menampilkan permainan yang solid. Akhirnya, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, skor tetap 1-0 untuk kemenanangan Vietnam sekaligus mengubah aggregat menjadi 3-2.

Susunan Pemain Vietnam vs Malaysia

Vietnam: Dang Van Lam; Que Ngoc Hai; Doan Van Hau; Nguyen Huy Hung; Do Hung Dung; Phan Van Duc; Nguyen Trong Hoang; Nguyen Anh Duc; Nguyen Quang Hai; Tran Dinh Trong; Do Duy Manh.

Malaysia: Farizal Marlias; Syazwan Andik; Syahmi Safari; Shahrul Saad; Akram Mahinan; Mohamadou Sumareh; Syamer Kutty Abba; Safawi Rasid; Aidil Zafuan; Zaquan Adha; Norshahrul Idlan.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan