Vietnam Fokus ke Piala Asia 2019 dan "Lupakan" Gelar AFF 2018

Oleh: Oryza Aditama - 1 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
“AFF Suzuki Cup (Piala AFF 2018) telah lewat, kita harus lupakan kemenangan itu dan fokus ke turnamen berikutnya (Piala Asia 2019),” ujar Luong Xuan Truong, pemain tengah timnas Vietnam.
tirto.id - Ujung tahun 2018 memang berakhir manis bagi timnas Vietnam, dengan kesuksesan mereka menjadi kampiun sepak bola Asia Tenggara lewat gelar Piala AFF. Tapi, menurut salah satu penggawa The Golden Stars, Luong Xuan Truong, euforia tersebut tak boleh dirayakan terlalu lama, karena awal Januari 2019 Vietnam tampil di Piala Asia di Uni Emirat Arab.

Menurut pemain berusia 23 tahun tersebut, timnas Negeri Paman Ho mesti segera melupakan kejayaan mereka di Piala AFF dan segera fokus ke Piala Asia. Xuan Truong pun mengingatkan jika kejuaraan sepak bola Asia yang akan mulai digelar pada 5 Januari hingga 1 Februari tersebut memiliki tantangan yang lebih besar, hingga membutuhkan kerja keras yang lebih dari semua anggota tim.

“AFF Suzuki Cup telah lewat, kami harus lupakan kemenangan itu dan fokus ke turnamen berikutnya,” ujar pemain yang pernah dipinjamkan ke Liga Korea tersebut, sebagaimana dikutip dari Fox Sports Asia.

“Seluruh anggota tim harus mengerahkan semua kemampuan yang terbaik, turnamen ini memiliki tantangan yang lebih besar, dan mengharuskan kita untuk berusaha lebih keras lagi,” imbuhnya.

Tak ketinggalan, gelandang kelahiran 28 April 1995 tersebut juga menambahkan jika timnya akan berjuang semaksimal mungkin agar lolos dari fase penyisihan grup.

“Target kami sudah pasti akan melakukan yang terbaik, untuk lolos dari babak penyisihan grup,” tutup Xuan Truong.

Di Piala Asia nanti, skuat Vietnam tergabung dalam Grup D yang juga dihuni oleh Irak, Iran, dan Yaman. Mereka akan melangsungkan laga pertama dengan menghadapi Irak pada 8 Januari, kemudian dilanjutkan dengan Iran pada 12 Januari, lalu laga pamungkas grup akan ditutup dengan melawan Yaman pada 16 Januari.

Sementara itu, di Piala AFF 2019 lalu, Vietnam menjadi juara setelah menumbangkan Malaysia di partai final. Gelar tersebut adalah gelar kedua Vietnam di Piala AFF. Sebelumnya, The Golden Stars mendapatkan gelar pertama pada 2008.


Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Oryza Aditama