Video Pernyataan MBS Soal Pembunuhan Khashoggi Rilis 1 Oktober

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 30 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Video pernyataan putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman soal pembunuhan Jamal Khashoggi rilis 1 Oktober 2019.
tirto.id - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) untuk pertama kalinya angkat suara soal kasus pembunuhan Jammal Khashoggi, jurnalis Washington Post yang dibunuh dan tubuhnya dipotong-potong saat sedang betugas di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Pengakuan tersebut akan tayang lewat sebuah video dokumenter hasil wawancara jurnalis Martin Smith yang melakukan wawancara langsung dengan MBS.

Video tersebut akan dirilis oleh PBS pada 1 Oktober 2019 pukul 20.00 waktu setempat untuk memperingati 1 tahun tragedi pembunuhan Khashoggi.

Anda bisa menyaksikan wawancara khusus ini melalui live streaming PBS di link berikut dan bisa juga melalui aplikasi PBS.

Smith mendesak MBS menjawab pertanyaan perihal kasus pembunuhan Khashoggi, dan MBS menjawab bahwa pembunuhan ini memang terjadi di bawah pengawasannya.

"Ini terjadi di bawah pengawasanku. Saya bertanggung jawab atas segalanya, karena ini terjadi di bawah pengawasanku," ujarnya.

Namun, ia tetap kukuh berpendapat bahwa tidak terlibat dan tak tahu apa-apa soal pembunuhan tersebut secara langsung.

Video dokumenter, yang trailernya telah rilis pada 25 September lalu tersebut akan mengungkap penelitian tim mengenai kebangkitan pemimpin Saudi, pemerintahannya, dan hubungannya dengan berbagai peristiwa seputar pembunuhan Khashoggi.


Di saat penantian penanyangan video dokumeneter ini, secara terpisah putra mahkota menyangkal keterlibatannya secara langsung dalam pembunuhan Khashoggi lewat sebuah wawancara pada Minggu (29/9/2019).

"Ini adalah kejahatan keji," katanya dalam wawancra, dikutip oleh CNN. "Tapi saya bertanggung jawab penuh sebagai pemimpin Arab Saudi, terutama karena itu dilakukan oleh individu yang bekerja untuk pemerintah Saudi."

Beberapa saat setelah pembunuhan Khashoggi, pemerintah Arab Saudi menyangkal keterlibatan meeka, namun kemudian pejabat Saudi mengklaim itu adalah ulah oknumoknum nakal yang berada di lingkaran dalam MBS.

MBS menambahkan, ia bertanggung jawab atas kejahatan tersebut karena ia seorang pemimpin di negaranya, bukan karena ia terlibat secara langsung dalam pembunuhan tersebut.

Beberapa orang dekat MBS diduga terlibat dalam pembunuhan, diantaranya lima pejabat tingkat tinggi dan 18 lainnya diduga terlibat.

Investigasi sedang dilakukan, kata Mohammed bin Salman, dan apabila telah ditetapkan, tidak peduli apapun jabatannya, mereka akan diadili tanpa terkecuali.

Tubuh Khashoggi saat ini belum dapat ditemukan hingga sekarang. CIA, badan intelijen AS menyimpulkan bahwa Putra Mahkota memerintahkan pembunuhan Khashoggi sendiri, dan merilis laporan yang menyebut bahwa MBS bertanggung jawab langsung atas pembunuhan Khashoggi.

"Bukti menujuk pada 15 orang terlibat dalam misi eksekusi Khashoggi yang membutuhkan koordinasi, sumber daya, dan pendanaan pemerintah secara signifikan," tulis laporan tersebut.

"Pejabat tingkat tinggi Arab Saudi merencanakan, mengawasi, dan atau mensponsori misi tersebut."

Pemerintah Arab Saudi menyebut laporan tersebut cacat dan tidak benar.


Baca juga artikel terkait KASUS KHASHOGGI atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Politik)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
DarkLight