Video Anak 12 Tahun Jadi Sopir Truk Kontainer Direkam 6 Bulan Lalu

Oleh: Adi Briantika - 30 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Video viral seorang anak laki-laki berusia 12 tahun mengemudikan truk kontainer ternyata terjadi pada enam bulan lalu.
tirto.id - Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang mengemudikan truk kontainer di dalam tol, viral di media sosial. Polisi lantas mengusut perkara itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan kejadian tersebut terjadi sudah lama, yakni sekira enam bulan lalu pada 2020.

“Kejadiannya bukan kemarin, ini sudah enam bulan yang lalu di tahun 2020. Baru viral sekarang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Jumat (30/4/2021).

Perkara ini bermula ketika sopir kontainer berinisial H (33) mengantuk. Tiba di kawasan Km 12 arah Cikampek, H meminta bocah yang kebetulan adalah keponakannya itu untuk menggantikannya menyetir truk yang hendak menuju Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam perjalanan, ada penumpang truk lain yang menanyakan bocah itu sembari merekamnya. “Dalam video, anak tersebut mengaku usianya 12 tahun. Kemudian H ini ada di dalam truk tersebut, sedang tidur,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo.

H bekerja sebagai pegawai di PT STA, akibat perbuatannya ia dipecat oleh perusahaan. Lantas, mengacu kepada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, si bocah dikenakan mekanisme diversi. Maka anak berusia 12 tahun itu dibina dan diberikan pendampingan psikologi, juga mengingatkan orang tuanya agar mengawasi si anak.

“Kedua, saudara H dan kepada PT STA akan kami koordinasikan dengan Subdit Renakta di Kriminal Umum, untuk melihat apakah ada dugaan pelanggaran pidana terkait eksploitasi anak dan di bidang ekonomi. Tapi ini dibutuhkan pendalaman lebih lanjut dari penyidik,” jelas Sambodo.

Dia juga mengingatkan soal surat izin mengemudi bagi para pengendara.

Sebelumnya beredar sebuah video viral di media sosial Instagram yang memperlihatkan seorang anak laki-laki mengemudikan truk kontainer seorang diri. Adapun keterangan dalam video viral yang diunggah oleh akun Instagram @cetul.22 tersebut adalah sebagai berikut: Viral di media sosial, aksi bocah 12 tahun yang berani dan mahir mengemudikan sebuah truk tronton.

Dalam video tersebut, sopir truk bocah ini sempat ditanya oleh sesama pengendara.

"Mau ke mana" tanya seorang pengguna jalan.
"Tasik," jawab bocah ini.
"Umur berapa?" tanya pengguna jalan lagi.
"Dua belas," jawab bocah tersebut.

Aksi bocah ini pun mengundang beragam respons warganet.


Baca juga artikel terkait VIRAL ANAK PENGEMUDI TRUK KONTAINER atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto
DarkLight