Vaksinasi Corona Madiun 2021 untuk 18+ dan Link Pendaftaran Online

Oleh: Yantina Debora - 23 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Link pendaftaran online vaksinasi corona Kota Madiun untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas.
tirto.id - Pemerintah Kota Madiun telah membuka layanan vaksinasi corona untuk masyarakat umum dengan usai 18 tahun ke atas. Pendaftaran vaksinasi dibuka secara online.

Bagi Anda yang belum vaksinasi Covid-19, pendaftaran bisa dilakukan melalui http://dinkes.madiunkota.go.id. Anda wajib mengisi:

1. Nama lengkap;
2. Nomor KTP;

3. Tanggal lahir;
4. Alamat;
5. RT;
6. RW;
7. Kelurahan;
8. Nomor ponsel.

Usai mengisi semua data dengan benar, silahkan klik Kirim. usai pendaftaran, selanjutnya menunggu pemberitahuan dari Kelurahan untuk jadwal dan tempat vaksinasi.

Warga Kota Madiun berusia 18 tahun ke atas wajib membawa fotokopo KTP saat mendatangi layanan vaksinasi corona.

Selain itu calon peserta vaksinasi harus dalam kondisi sehat atau lolos pemeriksaan di tempat layanan vaksinasi. Jika pernah menderita Covid-19, Anda baru bisa mengikuti vaksinasi setelah 3 bulan dinyatakan sembuh.

Sebelumnya Pemerintah Kota Madiun menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal pada 26 Juni 2021 dalam rangka percepatan terbentuknya kekebalan kelompok dan mencegah penularan virus Corona d wilayah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun dr. Denik Wuryani, mengatakan vaksinasi massal tersebut digelar di Bumi Perkemahan Taman Agrowisata Ngrowo Bening.

Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan target kisaran 1.500 hingga 3.000 warga mendapatkan vaksin Covid-19.

Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh sehingga seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Vaksin bukan obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit berat.

Kenapa Harus Vaksin?

Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang.

Setelah divaksin, tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya.

Vaksinasi tidak hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit, tetapi juga dalam jangka panjang untuk mengeliminasi bahkan membasmi penyakit itu sendiri.

Apabila seseorang tidak menjalani vaksinasi, maka ia tidak akan memiliki kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit.


Baca juga artikel terkait VAKSIN CORONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight