Vaksin Pfizer Diklaim Efektif, Ketua OJK: Dunia Usaha Siap Bangkit

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 10 November 2020
OJK merespons efektivitas vaksin Pfizer asal Amerika Serikat yang diklaim 90 persen berhasil perlu disikapi positif oleh dunia usaha.
tirto.id - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan publikasi efektivitas vaksin COVID-19 Pfizer asal Amerika Serikat yang mencapai 90 persen perlu disikapi dengan penuh persiapan. Ia bilang hadirnya vaksin akan segera mengembalikan kepercayaan diri pasar sehingga dunia usaha harus dapat menyambutnya.

“Para pengusaha harus lebih dini mengantisipasi ini. Jangan ketinggalan kereta apalagi pengusaha menengah ke atas untuk bangkit hari ini tidak bercita-cita bangkit dan besok langsung bangkit,” ucap Wimboh dalam diskusi bertajuk “Kondisi Sektor Keuangan Terkini Serta Meneropong Ekonomi 2021”, Selasa (10/11/2020).

Wimboh memaklumi bila selama COVID-19 banyak pelaku usaha terpaksa memutus hubungan kerja atau merumahkan karyawannya. Sebagian mesin dan alat produksi terpaksa tak dipakai karena permintaan turun dan belum cukup pulih dalam beberapa waktu lamanya.

Akan tetapi, munculnya kabar vaksin PfIzer ini menurut Wimboh perlu diantisipasi. Menurutnya, ada perbaikan signifikan pada ekonomi global saat vaksin itu berhasil diluncurkan.

Hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk kembali meningkatkan ekspor. Suplai barang dapat kembali ditingkatkan seiring potensi perbaikan permintaan global.

“Dengan adanya vaksin ditemukan memberi kepercayaan diri ekonomi global tumbuh. Eksportir akan mendapat benefit untuk mempersiapkan penyuplai barang ekspor yang turunnya cukup drastis,” ucap Wimboh.

Apabila pelaku usaha membutuhkan uluran tangan sektor keuangan, ia memastikan jasa keuangan siap membantu. Sejauh ini berbagai indikator seperti likuiditas dan permodalan perbankan dan keuangan terus dijaga sehingga bisa menjawab kebutuhan pembiayaan dan pendanaan yang dibutuhkan korporasi bila tren pemulihan semakin meningkat.



Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri
DarkLight