Vaksin Menipis di Sejumlah Daerah, Kemenkes akan Relokasi Stok

Reporter: Farid Nurhakim, tirto.id - 30 Sep 2022 15:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menurut Kemenkes, stok vaksin yang menipis di sejumlah daerah lantaran laju vaksinasi yang cepat. Sedikitnya ada 15 daerah yang saat ini stok vaksinnya nol.
tirto.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa sampai sekarang stok vaksin COVID-19 yang ada di Indonesia hanya sekitar 5 juta dosis. Stok tersebut rencananya akan didistribusikan ke daerah-daerah yang stok vaksinnya menipis.

Kemenkes juga berupaya merelokasi stok dari daerah-daaerah yang masih tinggi ketersediaan stoknya ke daerah yang mulai kehabisan stok.

“Bahwa terkait stok vaksin COVID-19 yang ada di Indonesia, sampai saat ini stok yang tersedia sebanyak sekitar 5 juta dosis,” kata Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes Dina Sintia Pamela dalam keterangan pers rutin Kemenkes melalui Zoom pada Jumat (30/9/2022) yang juga disiarkan langsung lewat kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI.

Lanjut dia, Kemenkes mengklaim sebagian besar dosis vaksin COVID-19 sudah didistribusikan di beberapa daerah. Namun masih ada beberapa stok vaksin yang ada di pemerintah pusat.

“Nah ada daerah-daerah yang laju vaksinasinya cukup cepat, sehingga terjadi stok vaksin yang mulai menipis. Tetapi ada juga daerah-daerah yang stok vaksinnya masih cukup tinggi karena memang lajunya tidak terlalu cepat,” tutur Dina.

Oleh karena itu, ujar dia, untuk memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di daerah yang stoknya sudah mulai menipis, maka Kemenkes melakukan upaya-upaya relokasi atau memindahkan stoknya dari daerah-daerah yang masih tinggi ketersediaan stoknya.

“Hal ini sudah dilakukan selama beberapa kali dan akan terus kita upayakan agar daerah yang kosong vaksinnya ini dapat terpenuhi,” ucap Dina.

Mengutip dari vaksin.kemkes.go.id pada Jumat, 30 September 2022, kekosongan vaksin COVID-19 atau stok vaksin COVID-19nya nol sedang dialami sedikitnya 15 kabupaten/kota. Antara lain, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Nias Barat, Kota Sawah Lunto, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Belitung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tanah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Dogiyai.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan pada kemarin, Kamis, 29 September 2022 bahwa stok vaksin COVID-19 di Indonesia masih tersedia sekitar 5 juta dosis di fasilitas penyimpanan pemerintah pusat dan daerah.

“Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan dosis,” ujar dia dilansir dari kantor berita Antara pada Kamis (29/9/2022).


Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight