Vagabond Episode 16 Berakhir dengan Cetak Rekor Rating Tertinggi

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Vagabond episode terakhir atau episode 16 mencetak rekor dengan mendapat rating tertinggi.
tirto.id - Drama Korea Vagabond episode 16 berakhir dengan mencetak rekor sebagai episode dengan rating tertinggi selama tayang. Dikutip Soompi, menurut Nielsen Korea, episode terakhir Vagabond yang tayang Sabtu (23/11/2019) meraih rating 9,3 persen, 11,7 persen, dan 13,1 persen untuk tiap bagian.

Hal tersebut menjadikan episode 16 Vagabond meraih rating tertinggi dari semua episode. Menurut data yang sama, Vagabond banyak ditonton oleh masyarakat berusia 20-49 tahun dengan peringkat pemirsa sebesar 3,5 persen dan 5,1 persen, paling tinggi dari semua drama yang tayang pada malam yang sama.

Ending Vagabond mencapai rating 13,6 persen di wilayah metropolitan Seoul dan 5,5 persen di antara penonton berusia 20 sampai 49 tahun. Final Vagabond juga bersamaan dengan berakhirnya drama My Country di JTBC yang mencetak rating nasional rata-rata 3,951 persen.

Vagabond yang dibintangi Lee Seung Gi, Suzy, dan Shin Sung Rok merupakan drama mata-mata tentang seorang pria yang berusaha mengungkap kebenaran seputar kecelakaan pesawat.

Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) adalah seorang stuntman yang terlibat dalam kecelakaan pesawat terbang sipil. Ia selamat dari kecelakaan tersebut. Setelah mendeteksi adanya korupsi berskala nasional yang mengerikan di balik kecelakaan tersebut, ia pun mulai menggali kebenarannya.

Go Hae Ri (Bae Suzy) adalah seorang anggota National Intelligence Service (NIS) yang bekerja sebagai black agent (agen rahasia) dan terlibat dalam usaha Cha Dal Gun mengungkap kebenaran.

Gi Tae Wong (Shin Sung Rok) merupakan pemimpin tim NIS yang gila kerja. Gi Tae Wong mencoba menyelidiki kasus dengan objektivitas yang tinggi, tetapi, di sisi lain, Tae Wong mencoba menyembunyikan kepribadiannya yang berapi-api di balik penampilannya yang dingin.

Ketegangan semakin meningkat karena di setiap episode menuju akhir, Vagabond selalu menampilkan aksi dan jalan cerita yang semakin menarik dan mengejutkan para penonton.

Sejak penayangan pertamanya, Vagabond telah berhasil menarik perhatian penonton. Selain karena drama ini merupakan drama reuni antara Lee Seung Gi dan Suzy sejak mereka membintangi Gu Family Book pada 2013, Vagabond juga menjadi salah satu produksi drama termahal. Vagabond memakan biaya produksi hingga 25 miliar won (sekitar 22 juta dolar AS), demikian seperti dikutip Sportschosun.

Vagabond juga telah meraih perhatian publik bahkan sebelum ditayangkan, yakni dengan adanya rencana penayangan di platform streaming berbayar Netflix.

Dengan tayang di Netflix, maka Vagabond ikut berkontribusi dalam menciptakan konten Hallyu yang dikenal di seluruh dunia, yakni dengan meningkatkan skala siaran ke seluruh Asia, Amerika, dan Eropa.

Pada penayangan episode perdananya, Vagabond telah berhasil meraih rating hingga 10,2 persen. Hingga pada episode 15 yang tayang tadi malam, rating drama ini tetap stabil dan terus menguat, yakni berada di angka 11,8 persen, 10,1 persen dan 8,7 persen untuk masing-masing bagian secara nasional, serta rata-rata 12,1 persen, 10,4 persen dan 9 persen untuk wilayah metropolitan Seoul.

Vagabond menjadi proyek reuni antara Lee Seung Gi dan Suzy setelah 6 tahun sejak mereka membintangi drama Gu Family Book (MBC) pada 2013 lalu.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight