Usai Pengumuman SBMPTN 2018, UNNES Masih Buka Seleksi Jalur Mandiri

Oleh: Yulaika Ramadhani - 3 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Kami menargetkan jumlah pendaftar seleksi mandiri tahun ini sebanyak 15.900 orang, naik dibandingkan tahun lalu."
tirto.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka seleksi jalur mandiri dengan menargetkan jumlah pendaftar tahun ini mencapai 15.000 lebih calon mahasiswa baru.

Ketua Panitia Seleksi Mandiri Unnes Eko Handoyo di Semarang, Senin (2/7/2018) menyatakan biasanya jumlah pendaftar akan semakin banyak seusai pengumuman SBMPTN 2018 yang akan dilaksanakan hari ini, Selasa (3/7/2018) pukul 17.00 WIB.

"Biasanya, jumlah pendaftar akan membeludak setelah pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pengumuman SBMPTN 2018 dilakukan pada 3 Juli 2018," katanya, sebagaimana dilansir Antara.

Ia menyebutkan jumlah pendaftar Unnes melalui seleksi mandiri pada tahun lalu sebanyak 15.500 orang sehingga pada tahun ini ditargetkan bisa melampaui capaian peserta tahun sebelumnya.

"Kami menargetkan jumlah pendaftar seleksi mandiri tahun ini sebanyak 15.900 orang, naik dibandingkan tahun lalu," katanya.


Sampai saat ini, kata dia, jumlah pendaftar Seleksi Mandiri Unnes 2018 sejak dibuka 10 Mei baru sebanyak 3.389 orang, sementara penutupan pendaftaran dilakukan pada 8 Juli 2018.

Menurut dia, kuota yang disediakan untuk mahasiswa baru melalui jalur mandiri pada tahun ini tetap mengacu pada ketentuan, yakni sebesar 30 persen dari total mahasiswa yang diterima.

"Kuota Unnes untuk jalur mandiri pada tahun ini sebanyak 2.250 atau 30 persen dari total kuota sebanyak 7.190 mahasiswa," kata Staf Ahli Rektor Unnes Bidang Akademik tersebut.

Sebagaimana dua jalur penerimaan mahasiswa lainnya, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN, kata dia, jalur mandiri juga memberi kesempatan penerima beasiswa Bidik Misi.

Ia menjelaskan kuota penerima beasiswa Bidik Misi dari jalur mandiri ditetapkan sebanyak 50 orang yang akan dilakukan melalui serangkaian tahapan evaluasi bagi calon penerima beasiswa itu.

"Kuota Bidik Misi dari jalur SNMPTN sebanyak 407 mahasiswa, kemudian SBMPTN sebanyak 400 mahasiswa, sisanya 50 mahasiswa dari jalur mandiri. Jadi, totalnya ada 857 penerima Bidik Misi," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Unnes Hendi Pratama menambahkan kuota mahasiswa penerima Bidik Misi untuk Unnes rencananya akan ditambah oleh pemerintah pusat.

"Untuk pendaftar seleksi mandiri, sementara ini masih 3.389 pendaftar. Namun, kami optimistis akan mencapai target yang ditetapkan. Sekarang kan belum pengumuman SBMPTN," katanya.

Diakui Hendi, jumlah pendaftar lewat jalur mandiri biasanya melonjak usai pengumuman hasil SBMPTN, terutama mereka yang ternyata dinyatakan tidak lolos penerimaan dari jalur itu.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: antara
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani