Usai Menang, Jokowi Bertolak ke Jepang Hadiri KTT G20

Oleh: Irwan Syambudi - 28 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi mendarat di Bandara Internasional Kansai Osaka Jepang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
tirto.id - Presiden Joko Widodo tiba di Jepang pada Jumat (28/6/2019) sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Kehadiran Jokowi di Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Presiden Jokowi mendarat di Bandara Internasional Kansai Osaka Jepang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya akan mengangkat inovasi ekonomi digital dalam KTT G20 di Osaka, Jepang.

Hal itu dikatakan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusumah Jakarta, Kamis (27/6/2019) malam usai konferensi pers setelah ia dinyatakan menang dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

"Saya akan berangkat dengan Bu Iriana untuk menghadiri KTT G20 di Osaka. Saya akan bicara mengenai dua hal, pertama berkaitan dengan inovasi digital ekonomi dan bagaimana mengatasi kesenjangan," katanya

Jokowi juga ingin mengingatkan kepada kolega-kolega sesama pemimpin di G20 yang hadir, baik perdana menteri, presiden, maupun raja di G20 terkait dengan situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian dan isu perang dagang.


Ia berharap negara-negara anggota G20 dapat memberikan sikap yang baik untuk kedua isu tersebut. "Saya harap negara-negara G20 bisa menunjukkan kearifan sehingga situasi yang ada jadi lebih baik untuk kita semua," ungkap Presiden.

Selain menghadiri KTT G20 Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara.

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Toshiko Abe menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Osaka Jepang, Jumat.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Osaka, Jepang, Jumat, menyebutkan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif juga menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut di lobi hotel tempat Presiden Jokowi menginap selama berada di Osaka.

Demikian juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Thomas Trikasih Lembong menyambut Presiden dan Ibu Negara Iriana di lobi hotel.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Maya Saputri
DarkLight