Usai Hasil Pilpres, Saham Sandiaga Turun & Erick Thohir Justru Naik

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 21 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Usai pengumuman hasil Pilpres 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari, saham perusahaan cawapres 02 Sandiaga Uno dan Ketua TKN Erick Thohir turut terkena dampaknya.
tirto.id - Usai pengumuman hasil Pilpres 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari, saham perusahaan cawapres 02 Sandiaga Uno dan Ketua TKN Erick Thohir turut terkena dampaknya.

Perbedaan jalan politik yang diambil keduanya ternyata berimbas pada laju saham perusahaan yang diperdagangkan Bursa Efek Indonesia. Menyusul hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dini hari tadi yang memenangkan Jokowi itu langsung direspons pelaku pasar modal.

Saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk yang diperdagangkan dengan kode saham SRTG hari ini bergerak negatif. Hari ini, Selasa (21/5/2019) pukul 09.00 WIB atau saat perdagangan saham BEI dibuka, saham SRTG sudah terjungkal Rp50 ke posisi Rp3.850, dari posisi sebelumnya Rp3.900.

Pelemahan masih berlanjut, 50 menit setelah dibuka, saham SRTG kembali terjungkal Rp80 ke posisi Rp3.780. Dengan demikian saham milik Sandiaga Uno ini sudah tergerus Rp130.

Kondisi berbeda dialami PT Mahaka Media Tbk milik Erick Thohir yang sahamnya diperdagangkan dengan kode ABBA. Membuka perdagangan saham tadi pagi tepat pukul 09.00, saham ABBA langsung naik ke Rp156 dari posisi sebelumnya di Rp142.

Lima menit setelah dibuka, saham ABBA kembali melejit ke Rp161. Setelah itu, saham ABBA bergerak cenderung stabil di rentang Rp148-151.

Analis Saham lainnya Fund Manager PT Valbury Capital Management Suryo Narpati menjelaskan, penguatan IHSG hari ini terjadi karena beberapa faktor yaitu adanya sentimen politis yaitu kemenangan dari petahana, kemudian ada juga pengaruh dari dividen dari beberapa emiten di bursa.

"IHSG bergerak positif sementara di hari ini salah satunya karena kemenangan petahana, sementara faktor lain adalah adanya pembagian dividen dari beberapa emiten di bursa," jelas dia kepada Tirto, Selasa (21/5/2019).

Meski ada sentimen saham dari kubu yang di dukung Erick Thohir menang, namun, kondisi ini tidak sepenuhnya merupakan dampak dari rekapitulasi suara yang diumumkan KPU dini hari ini.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Utama berpendapat, penguatan dan pelemahan saham dari kedua belah pihak bukan imbas dari hasil rekapitulasi perhitungan suara yang diumumkan dini hari tadi oleh pihak KPU.

"Pergerakan SRTG sangat random sehingga tidak bisa ditetapkan prediksi SRTG tersebut. ABBA hanya melanjutkan penguatan dari kemarin, walaupun tidak signifikan. Untuk ABBA sendiri tidak memiliki pola wave yang memadai sehingga tidak bisa ditetapkan prediksi ABBA tersebut," jelas dia.

"ADRO [perusahaan afiliasi Saratoga] mengalami penguatan hari ini. TBIG [perusahaan afiliasi Saratoga] juga mengalami penguatan hari ini. Berarti memang belum tentu imbas dari hasil rekapitulasi suara KPU," tambahnya.


Baca juga artikel terkait HASIL PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri