Usai Akuisisi Agensi GFriend, Big Hit Kini Resmi Ambil Alih Superb

Oleh: Nuraini Ika - 19 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
“Kami baru saja menyelesaikan akuisisi saham perusahaan game Superb,” ungkap Big Hit.
tirto.id - Agensi yang memayungi BTS dan TXT, Big Hit Entertainment secara resmi mengakuisisi perusahaan game music multi-patform yaitu Superb. Hal ini disampaikan Big Hit pada Senin (19/8/2019).

Meski telah mengakuisisi saham Superb, menurut Big Hit, pihaknya tidak akan merubah manajemen yang telah berjalan di perusahaan tersebut, dan akan mempertahankan warna yang ada.

“Kami baru saja menyelesaikan akuisisi saham perusahaan game Superb,” ungkap Big Hit, sebagaimana dilansir Osen pada Senin (19/8/2019).

“Manajemen yang luar biasa, yang ada tidak akan berubah, dan mereka akan mempertahankan warna dan independensi mereka yang unik sebagai perusahaan game,” sambungnya.

Big Hit saat ini sedang dalam proses memperluas label mereka dan menyentuh ranah organisasi struktural. Melalui akuisisi terbaru mereka, Big Hit telah memperluas jangkauan mereka di dunia musik dan layanan gim berbasis properti dan kekayaan intelektual (IP).

Superb sekarang berencana untuk membuat gim berdasarkan Big Hit Entertainment dan bisnis terkait perusahaan tersebut, dan akan menampilkan layanan yang dapat dinikmati secara global.


Dilansir Soompi, Co-CEO Superb, Kim Sun Haeng menyampaikan pihaknya senang dapat bergabung bersama Big Hit, dan ia percaya hal ini akan menjadi peluang besar untuk masa mendatang.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan Big Hit, yang merevolusi model bisnis industri musik, dan kami semua percaya ini akan menjadi peluang baru bagi kami. Melalui pekerjaan kami dengan Big Hit, kami berharap dapat menciptakan nilai dan sinergi baru," ujar Kim Sun Haeng.

Rekan sesama Co-CEO Superb, Oh Min Hwan mengungkapkan, bahwa Superb selama ini telah berfokus menciptakan cara baru untuk dapat menikmati musik lewat gim, dan pihaknya akan selalu berusaha lebih keras lagi untuk kepuasan pengguna.

"Superb telah berfokus pada menciptakan cara-cara baru untuk bersenang-senang dengan menggabungkan musik dan permainan. Melalui konten revolusioner kedua belah pihak dan kemampuan pengembangan, kami akan bekerja untuk membuat konten yang sesuai dengan harapan pengguna global," tutur Oh Min Hwan.

Hal serupa disampaikan CEO Big Hit Entertainment, Bang Shi Hyuk, ia percaya industri gim dan musik apabila disatukan akan menciptakan sinergi besar.

“Big Hit percaya industri game akan menciptakan sinergi yang kuat dengan industri musik. Kami percaya bahwa Big Hit akan berkembang pesat di kedua industri, jadi kami telah melihat banyak peluang berbeda," ujar Bang Shi Hyuk.

Ia melanjutkan,"kami percaya akuisisi ini akan membawa nilai positif dan lebih banyak kemungkinan bagi kedua perusahaan, serta multi-perusahaan. label bahwa Big Hit sedang berkembang. Seiring dengan akuisisi kami atas Superb, kami akan melanjutkan kemitraan kami dengan Net Marble dalam pengembangan game."

Sebelumnya Big Hit bekerjasama dengan Net Marble dalam pembuatan BTS WOLRD yang merupakan gim mobile simulasi berbasis cerita yang mengajak pemain melakukan perjalanan interaktif bersama anggota BTS.

Perusahaan Superb memiliki para ahli yang telah mengembangkan musik dan game yang terkait dengan IP selama lebih dari 10 tahun. Setelah didirikan pada tahun 2016, Superb telah menciptakan game rhythm "Pianista" untuk mobile dan Nintendo Switch, serta game rhythm casual bertajuk "Yumi's Cells bersama Naver Webtoon" dengan menggunakan IP webver Naver popular, "Yumi's Cells".

Sebelum Superb, Big Hit beberapa waktu lalu, tepatnya 29 Juli 2019, mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi saham milik agensi yang memayungi GFRIEND, Source Music dan menjadikannya sebagai anak perusahaan Big Hit.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight