Urutan Planet Dalam dan Luar pada Sistem Tata Surya

Oleh: Nika Halida Hashina - 19 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Mengetahui urutan planet-planet dalam dan luar pada sistem tata surya.
tirto.id - Pengetahuan yang tidak akan pernah habis diperbincangkan adalah pengetahuan mengenai luar angkasa dan seisinya.

Banyak ahli yang telah mengamati berbagai peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan di bumi, salah satunya adalah hubungan bumi dengan benda-benda langit lainnya.

Diketahui bumi merupakan salah satu planet yang mengelilingi matahari. Dalam hal ini, berbagai kumpulan benda langit yang terdiri atas Matahari dan semua objek yang berputar mengelilinginya disebut juga dengan sistem tata surya.

Dilansir dari laman Rumah Belajar Kemdikbud, matahari sebagai pusat Tata Surya itu dan di kelilingi dengan planet-planet, komet (bintang berekor), meteor (bintang beralih), satelit, dan asteroid Matahari adalah bintang yang terdekat dengan bumi, dan merupakan bola gas panas terutama terdiri dari hidrogen.

Volume dari matahari sangat besar, yaitu sekitar 1.300.000 buah planet seukuran Bumi. Diketahui pula 109 buah bola Bumi dapat menutupi permukaan luarnya. Suhu dalam inti matahari diduga 15 juta derajat celcius.

Susunan Tata Surya sendiri merupakan Matahari dan semua benda antariksa yang mengelilinginya. Tata Surya yang terdiri dari matahari sebagai objek terbesar, diikuti oleh planet-planet lainya.

Dikutip dari Modul IPA Paket A, planet adalah sebuah badan yang mengedari Matahari dan mempunyai massa cukup besar untuk membentuk bulatan diri dan telah membersihkan orbitnya dengan menginkorporasikan semua objek-objek kecil di sekitarnya.

Tata Surya memiliki total delapan planet yang mengelilingi, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, dan Neptunus.

Pluto telah dilepaskan status planetnya karena tidak dapat membersihkan orbitnya dari objek-objek Sabuk Kuiper.

Selain itu, diketahui pula planet-planet kerdil yang merupakan benda angkasa bukan satelit yang mengelilingi Matahari, mempunyai massa yang cukup untuk bisa membentuk bulatan diri tetapi belum dapat membersihkan daerah sekitarnya. Tata Surya memiliki lima buah planet kerdil yaitu Ceres, Pluto, Haumea, Makemake, dan Eris.

Dalam sistem Tata Surya, dikenal juga pembagian planet berdasarkan planet dalam dan planet luar.

Zona planet dalam adalah beberapa yang letaknya paling dekat dengan matahari. Mengutip Modul 3 Fisika paket C, adapun planet-planet di zona dalam adalah:

1. Merkurius (jarak dari Matahari 57,9 × 106 km, atau 0,39 SA)

Merkurius merupakan planet yang berjarak paling dekat ke matahari. Dengan diameter 4.870 km atau sekitar 1/3 diameter bumi.

Dengan waktu revolusi sekitar 88 hari dengan periode rotasi 59 hari. Suhu permukaan bisa mencapai 430 derajat celsius.

2. Venus (jarak dari Matahari 108,2 × 106 km, 0,72 SA)

Venus berdiameter sekitar 12.104 km. Waktu revolusi planet ini sekitar 225 hari dan periode rotasi 243 hari.

Ada keunikan yang menjadi ciri planet ini, yaitu gerak rotasi venus berlawanan arah dengan gerak edar planet mengitari matahari. Permukaan planet terdiri dari awan gas yang sangat panas dengan suhu sekitar 4620 derajat celsius.

3. Bumi (jarak dari Matahari 149,6 × 106 km, 1 SA)

Waktu revolusi bumi yaitu 365¼ hari dengan periode rotasi 24 jam. Bumi mempunyai masa seberat 59.760 miliar ton dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Diameter Bumi diketahui sepanjang 12.756 kilometer.

4. Mars (jarak dari Matahari 227,9 × 106 km, 1,52 SA)

Planet ini biasa disebut sebagai planet merah, karena permukaannya yang tampak berwarna merah. Diameter planet ini sekitar 6.794 km. Waktu revolusinya sekitar 1,9 tahun dan perode rotasinya 24,6 jam.

Antara Mars dan Yupiter terdapat daerah yang disebut sabuk asteroid, karena terdiri dari kumpulan batuan metal dan mineral.

Kebanyakan asteroid-asteroid ini hanya berdiameter beberapa kilometer, dan beberapa memiliki diameter 100 km atau lebih.

Dengan penjarakan ini, planet setelahnya disebut planet luar karena letaknya lebih jauh dari matahari. Adapun yang termasuk ke dalam kelompok adalah zona planet luar, antara lain:

5. Yupiter (jarak dari Matahari 778,3 × 106 km, 5,2 SA)

Jupiter merupakan planet yang paling besar dalam sistem tata surya dengan diameter sekitar 14.2794 km atau lebih dari 10 kali diameter bumi. Waktu revolusi planet ini sebesar 12 tahun dan periode rotasi 9,8 jam.

6. Saturnus (jarak dari Matahari 1.430 juta km, 9,5 SA)

Saturnus berevolusi dalam waktu 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus.

Selain berevolusi, Saturnus juga berotasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 40 menit 24 detik. Masa Saturnus sebesar 95 kali massa bumi, dengan diameter sekitar 12.0536 km.

7. Uranus (2,875 × 109 km, 19,2 SA)

Waktu revolusi Uranus adalah 84 tahun dengan periode rotasi 17,3 jam. Diameter planet ini sekitar 51.180 km, dengan permukaan planet memiliki suhu yang sangat dingin sekitar -2240 derajat celsius. Maka Uranus ditetapkan sebagai planet terdingin dalam sistem Tata Surya.

8. Neptunus (4,504 × 109 km, 30,1 SA)

Waktu revousi Neptunus diketahui sekitar 165 tahun dengan periode rotasi 16 jam. Diameter planet ini sekitar 50.138 km.

Tidak hanya dikelilingi delapan planet ini tetapi Matahari juga dikelilingi komet, asteroid, dan benda antariksa lainnya.


Baca juga artikel terkait SISTEM TATA SURYA atau tulisan menarik lainnya Nika Halida Hashina
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nika Halida Hashina
Penulis: Nika Halida Hashina
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight