Urutan Nonton X-Men yang Benar Berdasarkan Kronologis Alur Cerita

Oleh: Dewi Rukmini - 5 April 2021
Dibaca Normal 6 menit
Urutan film-film X-Men berdasarkan kronologis alur cerita terbagi dalam dua timeline yang berbeda.
tirto.id - X-Men adalah serial film superhero mutan yang diadaptasi dari komik Marvel dengan judul sama karya Stan Lee serta Jack Kirby. Dipublikasikan pertama kali pada tahun 1963, kisah X-Men lantas diadaptasi menjadi serial TV dan kartun, video game hingga film.

Film perdana X-Men dirilis pada tahun 2000 dan berhasil memasuki box office dengan pendapatan 296,3 Juta dolar AS. Kesuksesan itu diikuti oleh perilisan sejumlah seri film X-Men. Sementara ini, total ada 13 seri film X-Men, termasuk film solo Wolverine dan triologi X-Men.

Namun, alur cerita dalam sejumlah film X-Men tersebut cukup membingungkan, bahkan bagi fans fanatiknya sekalipun. Hal ini dikarenakan konsep time traveler (perjalanan waktu) yang diusung oleh franchise film ikonik ini.

Perjalanan waktu dalam film X-Men: Days of Future Past, ketika Logan (Hugh Jackman) dari tahun 2023 kembali ke masa lalu di tahun 1973 untuk mengubah masa depan, membikin kronologi cerita dalam semesta X-Men terpilah menjadi dua timeline (lini masa).

Pertama ialah Timeline A, yakni kronologi cerita yang terjadi setelah Mystique (Jennifer Lawrence) membunuh Bolivar Trask, dan kemudian ditangkap oleh pemerintah AS.

Setelah Trask terbunuh, pemerintah AS sadar akan ancaman mutan sehingga menyetujui proyek Sentinel yang dibuat oleh Trask Industri.

Dengan DNA Mystique, proyek ini berhasil menciptakan robot Sentinel yang dapat mengenali dan memusnahkan para mutan.

Perang antara kubu mutan dengan robot sentinel akhirnya tidak dapat dihindari dan menyebabkan kekacauan seperti digambarkan pada bagian awal film X-Men: Days of Future Past.


Kemudian di pertengahan film keluaran 2014 itu, Profesor X (James McAvoy) dan Magneto (Michael Fassbender) mengirim Logan ke masa lalu dengan kekuatan Kitty Pryde (Elliot Page).

Logan alias Wolverine mendapatkan misi untuk mencegah Mystique membunuh Boliver Trask. Misi itu kemudian berhasil dituntaskan oleh Logan.

Saat kembali ke masa lalu, Logan berhasil membuat Mystique mengurungkan niatnya membunuh Bolivar Trask. Mystique bahkan dianggap sebagai pahlawan karena menyelamatkan presiden Nixon dari ancaman Magneto muda.

Setelah kejadian tersebut, robot Sentinel memang tetap diproduksi tetapi tidak dapat mengungguli kekuatan para mutan. Selain itu, masa depan juga berubah dan menciptakan alur cerita baru.

Semua peristiwa yang terjadi setelah masa depan diubah oleh Logan melalui aksinya dalam film X-Men: Days of Future Past berada di Timeline B.

Dalam Timeline B, kekuatan para mutan masih menjadi misteri dan mutan-mutan yang meninggal di Timeline A ternyata masih hidup saat bertemu lagi dengan Logan yang kembali ke tahun 2023.

Kelanjutan cerita dalam Timline B ini bisa disaksikan lewat film X-Men: Apocalypse (2016), X-Men: Dark Phoenix (2019), hingga Logan (2017).

Selain itu, dua film Deadpool yang dirilis pada 2016 dan 2018 juga termasuk dalam Timeline B. Ini karena Wade Wilson sebagai alter ego Deadpool (Ryan Reynolds), pernah muncul di dalam film X-Men Origins: Wolverine.

Dalam film keluaran 2009 tersebut, Wade Wilson diceritakan pernah menjadi salah satu anggota tim X, skuad khusus yang sempat dimasuki oleh Logan setelah keluar dari militer AS.

William Stryker kemudian mengubah Wade Wilson menjadi Weapon XI, mutant killer yang ganas dan memiliki kemampuan penyembuhan nyaris sempurna.

Stryker mengendalikan Weapon XI untuk menghabisi Logan. Meski sempat kepayahan, sang mutan berjuluk Wolverine berhasil membunuh Weapon XI dengan bantuan kakaknya, Victor Creed. Mutan terakhir dikenal pula dengan sebutan Sabretooth.

Namun, setelah masa depan berubah, rencana William Stryker itu gagal. Sedangkan Wade Wilson tetap hidup dan menjadi mutan dengan nama beken Deadpool.

Beberapa karakter dalam film Deadpool juga pernah muncul di film X-Men. Misalnya ialah Colossus (Peter Rasputin), salah satu murid dari Xavier’s School for Gifted Youngsters yang muncul dalam 4 film, yakni X-Men (2000); X2: X-Men United (2003), X-Men: The Last Stand (2006), dan ikut pula berjuang melawan Sentinel dalam X-Men: Days of Future Past (2014).

Dikutip dari laman Digitalspy, berikut urutan menonton film X-Men yang sesuai dengan kronologis alur cerita dalam Timeline A dan Timeline B:

Timeline A

1. X-Men: First Class
2. X-Men: Days of Future Past (cerita pada 1973 saat Bolivar Trask bikin sentinel)
3. X-Men Origins: Wolverine
4. X-Men
5. X2: X-Men United
6. X-Men: The Last Stand
7. The Wolverine
8. X-Men: Days of Future Past (cerita pada 2023 saat Logan dikirim ke masa lalu/1973).

Timeline B

1. X-Men: Days of Future Past (cerita saat masa depan diubah sejak 1973)
2. X-Men: Apocalypse
3. X-Man: Dark Phoenix
4. Deadpool
5. Deadpool 2
6. The New Mutants
7. X-Men: Days of Future Past (saat Logan balik ke 2023 dan semua temannya masih hidup)
8. Logan.

Urutan film X-Men Sesuai Tahun Terbit & Sinopsis Singkat

Apabila menonton sesuai kronologis alur cerita terlihat membingungkan, berikut daftar urutan film-film X-Men berdasarkan tahun rilis beserta keterangan sinopsis singkatnya.

1. X-Men (2000)


Sutradara: Bryan Singer

Pemain: Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, Halle Berry, Famke Jenssen

Berlatar waktu di tahun 2000, film ini bercerita tentang perseteruan antara dua kelompok mutan yang dipimpin Magneto (Ian McKellen) dan Charles Xavier (Patrick Stewart).

Magneto ingin mengubah pemimpin dunia menjadi mutan dengan mesin ciptaannya dan kekuatan milik Rogue (Anna Paquin). Rencana tersebut berhasil dihentikan oleh Charles dan Logan. Saat itu, sang Wolverine baru saja bergabung dalam X-Men.

2. X2: X-Men United (2003)

Sutradara: Bryan Singer

Pemain: Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, Halle Berry, Famke Janssen, James Marsden, Rebecca Romijin Stamos, Brian Cox.

Dalam film ini, Wolverine bekerja sama dengan Magneto untuk menghentikan William Stryker (Brian Cox) yang ingin membunuh semua mutan di Bumi dengan kekuatan telepati Profesor X (Patrick Stewart) dan alat Cerebro. William Stryker menyabotase pikiran Profesor X dengan kekuatan manipulasi pikiran milik anaknya, Jason.

Saat itu, William Stryker menculik seluruh murid Profesor X dan membawa ke markasnya yang berada di bawah sebuah bendungan di Danau Alkali. Usaha penyelamatan para mutan tersebut mengorbankan Jean Grey (Famke Janssen) yang mencoba menahan air bah agar anggota X-Men dapat melarikan diri.

3. X-Men: The Last Stand (2006)

Sutradara: Brett Ratner

Pemain: Hugh Jackman, Halle Berry, Ian McKellen, Famke Jansson, Anna Paquin, Kelsey Grammer.

Jean Grey (Famke Janssen) yang sebelumnya di film X2: X-Men United diduga tewas, ternyata bangkit lagi setelah melepaskan kepribadian Phoenixnya. Kepribadian itu adalah sisi jahat dalam kekuatan mutan Jean Grey yang selama ini telah ditekan secara telepati oleh Profesor X.

Di film ini, sisi jahat Jean Grey bergabung dalam kelompok mutan yang dipimpin oleh Magneto dan mereka berperang melawan X-Men. Di sisi lain, vaksin yang dapat mengembalikan mutan menjadi manusia biasa telah ditemukan.

Dalam pertempuran itu, Beast atau Dr.Hank (Kelsey Grammer) berhasil menyuntikkan vaksin tersebut ke Magneto dan membuatnya kehilangan kekuatan. Jean Grey marah dan mengeluarkan kekuatan Phoenix Forcenya yang menghancurkan para mutan dan manusia di sekitarnya. Logan terpaksa harus membunuh Jean Grey agar kekuatan penghancurnya dapat dihentikan.

4. X-Men Origins: Wolverine (2009)

Sutradara: Gavin Hood

Pemain: Hugh Jackman, Liev Schreiber, Danny Huston, Dominic Monaghan, Ryan Reynolds.

Berlatar waktu di tahun 1981, film ini berfokus pada kisah awal mula Logan (Hugh Jackman) memiliki kekuatan Wolverine dan cakar Adamantium. Logan memiliki perselisihan dengan saudara tirinya Victor Creed alias Sabretooth (Liev Schreiber) dan harus menghadapi pembunuh mutan bernama Weapon XI (Wade Wilson/Deadpool) yang diperankan oleh Ryan Reynolds.

5. X-Men: First Class (2011)

Sutradara: Matthew Vaughn

Pemain: James McAvoy, Michael Fassbender, Rose Byrne, January Jones, Oliver Platt, Kevin Bacon, Jennifer Lawrence

Film X-Men: First Class mengambil latar waktu tahun 1962. Film ini berfokus pada kisah awal mula Erik Lehnsherr (Michael Fassbender) dan Charles Xavier (James McAvoy) membentuk tim khusus manusia mutan untuk pertama kalinya bernama Division X.

Mereka berhasil menghentikan rencana Sebastian Shaw (Kevin Bacon) yang ingin memulai Perang Nuklir antara Amerika dan Rusia. Suatu hari, dikarenakan perbedaan pendapat tentang hubungan antara mutan dengan manusia, Erik dan Raven (Jennifer Lawrence) memutuskan untuk pergi meninggalkan Charles.

Erik menganti namanya menjadi Magneto dan mendirikan kelompok mutan bernama Brotherhood of Mutants. Sedangkan Charles mendirikan sekolah untuk mendidik dan melindungi para mutan.

6. The Wolverine (2013)

Sutradara: James Mangold

Pemain: Hugh Jackman, Hiroyuki Sanada, Tao Okamoto, Rila Fukushima, Famke Janssen, Will Yun Lee dan Svetlana Khodchenkova.

Setelah perang antar mutan di film X-Men: The Last Stand, Logan ke Jepang untuk mengunjungi teman lamanya, Ichiro Yashida (Haruhiko Yamanouchi) sekaligus memulihkan trauma yang ia miliki setelah membunuh Jean Grey.

Logan (Hugh Jackman) harus kembali bertarung untuk melindungi Mariko Yashida (Tao Okamoto), cucu Ichiro, dari kejaran geng Yakuza. Di sini, Logan menghadapi masalah serius yaitu kekuatan regenerasi tubuhnya tidak dapat pulih secepat semestinya. Dia juga harus menghadapi kekuatan tak terduga dari Ichiro yang ternyata belum mati.

7. X-Men: Days of Future Past (2014)

Sutradara: Bryan Singer

Pemain: Hugh Jackman, James McAvoy, Jennifer Lawrence, Michael Fassbender, Halle Berry

Film X-Men: Days of Future Past menceritakan kejadian masa depan setelah Raven atau Mystique (Jennifer Lawrence) membunuh Bolivar Trask (Peter Dinklage), yang mengakibatkan ia ditangkap dan menjadi percobaan dalam proyek Sentinel.

Keberhasilan proyek Sentinel ini melahirkan sebuah robot yang dapat mengenali, mencari, dan membunuh manusia mutan.

Untuk memperbaiki kekacauan ini, Logan (Hugh Jackman) kembali ke masa lalu berkat kekuatan Kitty Pryde (Elliot Page), dan kemudian mencegah Mystique membunuh Bolivar Trask, sesuatu yang mengubah masa depan semesta X-Men setelah tahun 1973.

8. X-Men: Apocalypse (2016)

Sutradara: Bryan Singer

Pemain: James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Oscar Isaac, Nicholas Hoult.

Film X-Men: Apocalypse berlatar waktu 1983 setelah Logan berhasil mengubah masa depan di tahun 1973. Film ini berada di timeline kedua di mana para X-Men yang belum menguasai kekuatannya harus menghadapi mutan Mesir Kuno bernama En Sabah Nur (Oscar Isaac) yang bangkit dan ingin menguasai dunia.

9. Deadpool (2016)

Sutradara: Tim Miller

Pemain: Ryan Reynolds, Morena Baccarin, Ed Skrein, T.J. Miller, Gina Carano dan Brianna Hildebrand.

Film ini berfokus pada cerita bagaimana Wade Wilson (Ryan Reynolds) memiliki kekuatan mutan dan menyebut dirinya sebagai Deadpool. Wade Wilson mengikuti sebuah pengobatan eksperimen untuk menyembuhkan penyakit kankernya. Namun, eksperimen tersebut justru merubah Wade Wilson menjadi seorang mutan dengan kekuatan penyembuhan yang cepat.

10. Deadpool 2 (2018)

Sutradara: David Leitch

Pemain: Ryan Reynolds, Morena Baccarin, Josh Brolin, Julian Dennison dan Zazie Beetz.

Wade Wilson (Ryan Reynolds) berusaha untuk melindungi seorang mutan bernama Rusell (Julian Dennison) yang diincar oleh Cable (Josh Brolin). Sebab itu, Wade membentuk sebuah tim X-Force yang beranggotakan Domino (Zazie Beetz), Negasonic Teenage Warhead (Brianna Hildebrand), Colossus (Stefan Kapicic), dan Bedlam (Terry Crews) untuk mengagalkan rencana Cable.

11. Logan (2017)

Sutradara: James Mangold

Pemain: Hugh Jackman, Patrick Stewart, Richard E. Grant, Boyd Holbrook, Stephen Merchant dan Dafne Keen.

Cerita film ini berlatar waktu pada tahun 2029, saat Logan makin tua dan kemampuan regenerasi tubuhnya menurun. Ia bekerja sebagai supir limo di El Paso, Texas sambil merawat Charles Xavier yang menderita penyakit Alzheimer.

Suatu hari, Logan bertemu dengan seorang anak bernama Laura (Dafne Keen) yang memiliki kekuatan seperti dirinya. Logan dan Laura membantu anak-anak mutan hasil rekayasa genetik untuk melarikan diri dari sebuah tempat bernama Eden.

12. X-Men: Dark Phoenix (2019)

Sutradara: Simon Kinberg

Pemain: James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Nicholas Hoult, Sophie Turner.

Film X-Men: Dark Phonix menceritakan awal mula Jean Grey membangkitkan bakat telekinesisnya dan asal usul kekuatan Dark Phoenix miliknya. Film ini berlatar waktu 9 tahun setelah peperangan X-Men melawan Apocalypse (En Sabah Nur).

13. The New Mutants (2020)

Sutradara: Josh Boone

Pemain: Maisie Williams, Anya Taylor Joy, Charlie Heaton, Alice Braga, Blu Hunt dan Henry Zaga.

Cerita film ini mengenai sekelompok mutan muda yang ditahan di fasilitas rahasia dan harus belajar menguasai kekuatan mutan mereka saat menghadapi ancaman. Mutan muda itu adalah Mirage (Blu Hunt), Wolfsbane (Maisie Williams), Magik (Anya Taylor Joy), Cannonball (Charlie Heaton) dan Sunspot (Henry Zaga).


Baca juga artikel terkait FILM X-MEN atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Addi M Idhom
DarkLight