Urai Kemacetan, Tol Jakarta-Cikampek Gratis

Oleh: Rima Suliastini - 10 Juli 2016
PT Jasa Marga menggratiskan 500 pemudik dari tarif tol di Gerbang Cikarang Utama Jakarta-Cikampek, guna mengurai antrean kendaraan, Minggu sore.
tirto.id - PT Jasa Marga menggratiskan 500 pemudik dari tarif tol di Gerbang Cikarang Utama Jakarta-Cikampek, guna mengurai antrean kendaraan, Minggu sore.

"Atas permintaan dari kepolisian, untuk memperlancar antrean pada pukul 16.15-16.25 WIB empat gardu di gerbang tol Cikarang Utama dibebaskan dari tarif tol," kata Kepala Humas PT Jasa Marga, Dwimawan Santoso, di Bekasi, Minggu.

Akan tetapi, status bebas biaya tol itu hanya diberlakukan sekitar 10 menit untuk 400 hingga 500 unit pengendara dari arah Cikampek menuju Jakarta. "Dampaknya saat ini antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama dalam kondisi normal sekitar 800 meter," katanya.

Proses pembayaran dan penerimaan uang kembalian tunai di gerbang tol memerlukan waktu, apalagi saat mudik Lebaran ini di mana ratusan ribu kendaraan berbondong-bondong memadati jalan tol.

Pejabat di PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, mengatakan, kepadatan puncak arus balik hingga kini masih terpantau di km 71 sampai km 66.

Abrianto mengatakan, PT Jasa Marga telah menutup sejumlah tempat peristirahatan pengemudi di lintasan Jakarta-Cikampek demi meminimalisasi dampak kemacetan.

Upaya itu dilakukan mengingat hari ini merupakan puncak arus balik Lebaran 1437 H/2016 dari arah utara dan timur.

"Kami prediksi hari ini sebanyak 115.596 kendaraan akan melintasi Jakarta-Cikampek atau menjadi puncak arus balik Lebaran 2016," katanya.

Baca juga artikel terkait SOSIAL BUDAYA atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Rima Suliastini
DarkLight