Update Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Capai 20,1 Juta Orang

Oleh: Yantina Debora - 14 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Update total warga Indonesia yang sudah divaksin hingga 13 Juni 2021 menurut data Kemenkes.
tirto.id - Vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 20,1 juta penduduk menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang dikutip dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Minggu (13/6/2021) pukul 18.00 WIB.

Menurut data Satuan Tugas, jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 pada Minggu pukul 18.00 WIB bertambah 114.750 menjadi 20.158.937 orang.

Jumlah penduduk yang sudah mendapat dua kali suntikan vaksin COVID-19 atau sudah selesai menjalani vaksinasi tercatat 11.568.443 orang, bertambah 9.305 orang dari hari sebelumnya.

Sasaran program vaksinasi COVID-19 tahap I dan II sebanyak 40.349.049 orang, meliputi sumber daya manusia bidang kesehatan, pekerja sektor pelayanan publik, dan warga lanjut usia.



Pemerintah berencana memvaksinasi 181,5 juta orang atau sekitar 70 persen dari penduduk secara bertahap dalam waktu 15 bulan guna mewujudkan kekebalan komunal terhadap COVID-19.

Pemerintah meningkatkan kapasitas pelayanan vaksinasi guna mempercepat penuntasan pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 pada 5,6 juta guru dan tenaga kependidikan ditargetkan bisa selesai sebelum pembelajaran tatap muka kembali diselenggarakan di sekolah pada tahun ajaran baru 2021/2022.

Vaksinasi bakal dilakukan dalam empat tahap yakni:

Tahap I diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Tahap II diprioritaskan untuk:

Petugas Pelayan Publik
TNI, Kepolisian, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya, meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan PDAM
Kelompok usia lanjut (>60 tahun)

Tahap III untuk Masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Tahap IV untuk Masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin

Vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta

Saat ini program vaksinasi COVID-19 untuk 18 tahun atau lebih yang ber-KTP/domisili/bekerja di DKI Jakarta tengah berlangsung.

Syarat mendapatkan vaksin yaitu memiliki KTP DKI jakarta atau membawa surat keterangan bekerja di DKI Jakarta. Bisa juga bagi warga domisili Jakarta yang dibuktikan dengan surat keterangan domisili dari RT.

Berikut cara menuju lokasi vaksinasi COVID-19:

1. Buka Google Maps, ketik "Vaksin COVID-19". Daftar lokasi vaksinasi akan langsung muncul.

2. Datang langsung ke puskesmas, RSUD dan sentra layanan vaksinasi terdekat sesuai domisili atau lokasi tempat kerja masing-masing.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight