Timnas Indonesia

Update Timnas U19, U16, dan Jadwal Resmi Piala Asia U-19 2020

Oleh: Iswara N Raditya - 12 November 2020
Dibaca Normal 3 menit
AFC resmi memutuskan jadwal Piala Asia U-19 2020 yang akan diikuti Timnas U19 Indonesia. Namun, jadwal Piala Asia U16 2020 belum dipastikan.
tirto.id - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi memutuskan waktu kick-off putaran final Piala Asia U-19 2020 atau AFC U-19 Championship 2020 di Uzbekistan yang bakal diikuti oleh Timnas U19 Indonesia. Di sisi lain, jadwal Piala Asia U16 2020 masih akan dibahas lebih lanjut oleh AFC.

AFC menyatakan bahwa AFC U-19 Championship 2020 di Uzbekistan bakal dihelat tanggal 3-20 Maret 2021 mendatang. Keputusan tersebut diambil dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC yang dilakukan secara virtual pada Selasa (11/11/2020) lalu.

“Komite [Eksekutif AFC] setuju bahwa AFC U-19 Championship 2020 yang sebelumnya ditunda akan diselenggarakan di Uzbekistan antara 3 hingga 20 Maret 2021,” demikian keterangan yang dikutip dari website resmi AFC.

Akan tetapi, berbeda dengan level U19 yang sudah mendapatkan kepastian, AFC belum menentukan jadwal putaran final Piala Asia U16 di Bahrain yang sebelumnya juga ditunda lantaran situasi pandemi COVID-19.

“Tanggal Kejuaraan AFC U-16 Championship 2020, yang sebelumnya juga ditunda, akan dibahas lebih lanjut,” imbuh Konfederasi Sepak Bola Asia yang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia, ini.

Putaran final Piala Asia U19 2020 seharusnya dihelat pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan. Sedangkan Piala AFC U16 2020 semula diagendakan tanggal 25 November hingga 12 Desember 2020.

Hanya saja, pelaksanaan dua event regional bergengsi Asia itu terpaksa ditangguhkan karena pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia.

Update Timnas Indonesia U19

Sepulang dari pemusatan latihan dan melakoni beberapa laga internasional di Kroasia sejak akhir Agustus hingga Oktober 2020 lalu, Timnas Indonesia U19 asuhan Shin Tae-yong kini mulai menjalani training camp (TC) lagi, namun dilakukan secara virtual.

Virtual home training Timnas U19 telah dimulai sejak Kamis (5/11/2020) lalu dan akan dilaksanakan hingga Minggu (15/11/2020) mendatang.

“Latihan virtual ini sebagai persiapan sebelum kami menjalani latihan di lapangan nantinya,” ujar pelatih Timnas Indonesia U19, Shin Tae-yong, dikutip dari situs resmi PSSI.

Hampir seluruh pemain yang terlibat dalam pemusatan latihan di Kroasia beberapa waktu lalu masuk kembali dalam daftar skuad Timnas U19 saat ini, kecuali Elkan Baggott dan Witan Sulaeman. Dua pemain andalan Garuda Muda tersebut harus bergabung dengan klubnya masing-masing.

Elkan Baggott memperkuat klub Inggris, Ipswich Town, sedangkan Witan Sulaeman membela FK Radnik Surdulica di Liga Utama Serbia. Faktor perbedaan waktu di Eropa dan Indonesia juga menjadi alasan dua pemain ini untuk sementara tidak dilibatkan oleh Shin Tae-yong.

Selain untuk tampil di Uzbekistan dalam putaran final Piala Asia U19 2020 nanti, rangkaian pemusatan latihan ini dilakukan juga sebagai persiapan skuad Garuda Muda sebelum tampil di Piala Dunia U20 2021 yang akan dihelat di Indonesia pada pertengahan tahun depan.

Daftar Pemain Timnas U19 Terbaru

Rizky Ridho – Persebaya Surabaya
Erlangga Setyo – Persib Bandung
Bagas Kaffa - Barito Putera
Beckham Putra- Persib Bandung
Mohammad Kanu - Babel United
M. Adi Satrio – PSMS Medan
Mochammad Supriadi – Persebaya Surabaya
Irfan Jauhari - Bali United
Pratama Arhan – PSIS Semarang
Braif Fatari – Persija Jakarta
Bayu M Fiqri – Persib Bandung
Khairul Imam Zakiri
Yudha Febrian – Barito Putera
Saddam Gaffar – PSS Sleman
Muhammad Fadhil – Semen Padang
Irfan – Tiga Naga
Sandi Samosir – Persija Jakarta
Komang Tri – Bali United
Andre Oktaviansyah
Komang Teguh – Borneo FC
Brylian Aldama
David Maulana – Barito Putera
Jack Brown
Yofandani Damai – PSIS Semarang
Moh. Bahril Fajar – PSIS Semarang
Salman Alfarid – Persija Jakarta
Rendy Juliansyah
Titan Agung Bagus – Arema FC
Kakang Rudianto – Persib Bandung
Alfrianto Nico – Persija Jakarta
Genta Alparedo – Semen Padang
Fajar fathur Rahman – Borneo FC
Risky Sudirman – Persija Jakarta



Update Timnas Indonesia U16

Sama seperti Timnas U19, skuad Indonesia U16 juga terus menjalani rangkaian persiapan sebelum tampil di Piala Asia U16 2020 yang akan dilangsungkan di Bahrain.

Terakhir, pasukan belia Indonesia yang dibesut Bima Sakti telah melakoni dua kali laga uji coba melawan tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) U16.

Dalam dua laga uji coba di Dubai tersebut, Raka Cahyana Rizky dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan tuan rumah. Di pertandingan pertama yang digelar pada 21 Oktober 2020, Timnas Indonesia U16 kalah tipis dengan skor ketat 2-3.

Sedangkan di pertemuan kedua pada 24 November 2020, Timnas Indonesia U16 kembali menelan kekalahan, kali ini dengan skor yang cukup telak 0-4. Bima Sakti mengakui bahwa skuad asuhannya masih perlu banyak perbaikan.

“Secara performa anak-anak lumayan, dalam arti mereka bermain dengan cara yang kami inginkan,” ujar mantan gelandang andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia ini usai pertandingan kedua kontra UEA U16, dilansir situs resmi PSSI.

“Namun, tim banyak melakukan kesalahan di pertandingan, ditambah kecerdikan tim lawan pada laga tadi dengan memanfaatkan free kick sehingga menyulitkan tim kami. Hal ini menjadi poin evaluasi yang harus diperbaiki,” tambah Bima Sakti.

Daftar Pemain Timnas U16 Terbaru

I Made Putra Kaicen - Bali United
Raka Octa Bernanda - PSS Sleman
M. Aditya Rangga - Persebaya Surabaya
Marcell Januar Putra -Bali United
Mikael Alfredo Tata - Waanal Bintuka FC
Alexandro Felix Kamuru - Barito Putera
Ferre Murari Albahar -Bhayangkara FC
Aditiya Daffa Al Haqi - Barito Putera
Dimas Juliono Pamungkas -Persib Bandung
Resa Aditya Nugraha - Persija Jakarta
M. Faizal Shaifullah -Persela Lamongan
Raka Cahyana Rizky -Persija Jakarta
Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya
Diandra Diaz Dewari - Persib Bandung
Ahmad Athallah Araihan - SKO Ragunan
Vito Ramadyzky Chairil - Persikabo
Valeroen Irwan Yamin - Persib Bandung
Fahmi Alvin Setyawan - PSS Sleman
Rafly Ikram Selang - SSB Insan Cendikia
Wibi Alprahmudi Mulyono - SSB Gemars
M. Tezar Briantama - SSB Asiop Jakarta
M. Raufa Aghastya - SSB Por Uni Bandung

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS U19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight