Update Piala Menpora 2021: Persipura Tidak Kena Sanksi Jika Mundur

Oleh: Beni Jo - 13 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Persipura dipastikan tidak akan mendapatkan sanksi dari PT LIB meskipun klub tersebut menolak ikut Piala Menpora 2021.
tirto.id - PT LIB (Liga Indonesia Baru) memastikan Persipura tidak akan terkena sanksi apabila memutuskan mundur dari turnamen pramusim, Piala Menpora 2021.

Kendati demikian, penyelenggara turnamen masih berharap tim Mutiara Hitam tetap berpartisipasi dalam hajatan yang berlangsung mulai Minggu (21/3/2021) tersebut.

"Tidak ada sanksi (buat Persipura)," ujar Sudjarno, Direktur Operasional PT LIB, dikutip Antara.

Berkaitan dengan jadwal lengkap turnamen pihaknya menyatakan bakal merilis sesegera mungkin. Jika Persipura benar-benar tidak jadi ikut serta, kata Sudjarno, panitia akan mengeluarkan klub tersebut dari agenda Piala Menpora 2021.

Artinya, bakal ada penyesuaian jadwal terhadap tim-tim yang sudah tergabung dengan Persipura di Grup A Piala Menpora 2021 ini.

"Kalau memang tidak ikut, kami keluarkan saja (dari jadwal). Mungkin hari ini akan kami rilis. Jika tanpa Persipura, jadwal akan menyesuaikan," papar Sudjarno.

Kronologi Kasus Persipura di Piala Menpora 2021

Mengutip laman resmi PSSI, Persipura telah mengirimkan surat dengan nomor 004/PT.PP/II/2021 terhadap PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 24 Februari 2021 lalu.

Pada intinya, manajemen Persipura meminta konfirmasi beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk bisa mengikuti gelaran Piala Menpora 2021 tersebut.

Di antaranya berkaitan dengan format pembagian grup serta hadiah bagi tim yang berhasil keluar sebagai juara. Selain itu, dalam suratnya tersebut, Persipura meminta kebijakan terhadap besaran subdisi transportasi bagi klub.


Mereka menawarkan 2 opsi kepada pihak panitia penyelenggara, yakni menambah besaran angka subsidi transportasi atau menggantinya dengan berupa tiket transportasi.

"Bantuan biaya transportasi Rp100.000.000 sangat jauh dari nilai yang akan kami keluarkan sebagai biaya transportasi. Kami pergi dan pulang lokasi home Piala Menpora 2021. Biaya yang kami keluarkan untuk perjalanan pergi-pulang berkisar Rp320.000.000," tulis Persipura di surat itu.

"Untuk itu, terkait bantuan transportasi, kami menawarkan 2 opsi kepada OC, yaitu memenuhi kebutuhan biaya tersebut (Rp320.000.000) atau membelikan tiket serta membayar bagasi kami," demikian permintaan manajemen Persipura melalui suratnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Organizing Comitte Piala Menpora 2021 yang juga berisi para pengurus PT LIB mengeluarkan surat dengan nomor 006/LIB-COR/III/2021 pada 1 Maret 2021.

Mereka menyatakan siap mengganti biaya transportasi yang akan dikeluarkan Persipura dengan nilai Rp150 juta. Kondisi keuangan panitia menjadi salah satu alasan dalam menentukan besaran nominal itu.

"Adapun pertimbangan biaya tersebut disesuaikan dengan memperhatikan faktor geografis klub serta kondisi keuangan panitia pelaksana," demikian salah satu bunyi surat Organizing Comitte Piala Menpora 2021.

Sementara mengutip akun instagram resmi Persipura, klub juara Liga Indonesia sebanyak 4 kali pada 2005, 2008, 2011, dan 2013 itu memutuskan untuk tidak ikut serta dalam turnamen Piala Menpora 2021.

"Kami ikuti pemberitaan di media setelah drawing Piala Menpora 2021, dan kami kaget Organizing Comittee Piala Menpora yang juga orang-orang LIB katanya masih menunggu konfirmasi keikutsertaan Persipura Jayapura hingga minggu depan, apa padahal sebelum drawing kami sudah bersurat dan menyampaikan tidak bisa ikut Piala Menpora 2021, mereka sudah tahu itu," begitu unggahan akun IG resmi Persipura.

Di Piala Menpora 2021, Persipura seharusnya masuk dalam Grup A yang juga dihuni oleh Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, serta PS TIRA.

Proses drawing sendiri sudah berlangsung pada Selasa (9/3) lalu. Sejumlah 18 klub Liga 1 dibagi ke dalam 4 grup. Rencananya, Piala Menpora 2021 bakal diputar mulai Minggu (21/3) mendatang dan diselenggarakan di 4 venue.

Empat lokasi pertandingan Piala Menpora 2021 adalah Stadion Manahan, Solo (Grup A), Stadion Kanjuruhan, Malang (Grup B), Stadion Si Jalak Harupat, Bandung (Grup C), Stadion Maguwoharjo, Sleman (Grup D).

Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight