Update Opera Android Terbaru Hadirkan Fitur Unlimited VPN Gratis

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 21 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Saat fitur VPN aktif maka Internet Protocol Address (IP) pengguna tidak akan "terlihat" sehingga sulit dilacak aktivitasnya.
tirto.id - Aplikasi Opera untuk Android baru saja menerima update terbaru di versi 51, yang menghadirkan fitur VPN (Virtual Private Network) gratis bersifat unlimited atau tanpa batas.

Update yang digulirkan pada Rabu (20/3/2019) ini menawarkan jaringan privat dengan koneksi terenkripsi 256-bit antara perangkat mobile dengan remote VPN server.

Tak hanya itu, saat fitur VPN aktif, maka Internet Protocol Address (IP) pengguna tidak akan "terlihat" sehingga sulit dilacak aktivitasnya.

Sebagai informasi, VPN merupakan koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi atau privat melalui jaringan internet yang bersifat publik.

“Sudah ada lebih dari 650 juta orang yang menggunakan layanan VPN secara global. Dengan Opera, mereka sekarang dapat menikmati layanan gratis dan tanpa log yang meningkatkan privasi online dan meningkatkan keamanan,” kata Peter Wallman, Browser Browser SVP untuk Android dikutip laman resminya.

Kehadiran VPN di Opera Android memungkinkan pengguna mengontrol privasi dan keamanan selama menjelajah internet, terutama saat menggunakan koneksi internet publik seperti WiFi gratis di tempat umum.

“Faktanya adalah bahwa pengguna terekspos ketika mereka terhubung ke Wi-Fi publik tanpa VPN. Dengan mengaktifkan layanan VPN browser Opera, pengguna mempersulit pihak ketiga untuk mencuri informasi mereka dan dapat menghindari dilacak," jelas Wallman.

"Pengguna tidak perlu lagi mempertanyakan apakah atau bagaimana mereka dapat melindungi informasi pribadi mereka dalam situasi ini," ujarnya lagi.

Tak hanya meningkatkan keamanan dan privasi penggunanya, fitur VPN di Opera Android juga dapat digunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir. Fitur VPN bukanlah hal yang baru bagi browser Opera karena lebih dulu tersedia di Opera versi desktop sejak dua tahun lalu.

Sebelumnya, Opera Android telah mendapat update untuk memudahkan pengguna mengatur dan memblokir iklan, fitur picture-in-picture, dan juga gulir cepat pada Opera Android 50.

Opera merupakan salah satu aplikasi peramban cukup populer di perangkat Android. Data dari Google Play Store menyebutkan bahwa aplikasi ini memiliki jumlah instalasi lebih dari 100 juta kali.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight