Update Medali Indonesia di SEA Games 2019: Pentathlon Sumbang Emas

Oleh: Yantina Debora - 7 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perolehan medali sementara SEA Games 2019, Indonesia berada di posisi kedua dengan 42 emas.
tirto.id - Cabang olahraga pentathlon menyumbang medali emas bagi Indonesia di SEA Games 2019. Jumlah medali emas Indonesia kini bertambah menjadi 42 per 7 Desember 2019.

Medali emas diraih Indonesia melalui Dea Salsabila Putri dari modern pentathlon menang dalam nomor Beach Mixed Relay Triatle. Ini merupakan emas ketiga yang diraih Dea.

Sebelumnya Dea sudah mengumpulkan emas dari nomor Beach Triatle Women Individual dan dari nomor Laser Run Women Individual.

"Syukur Alhamdulillah senangnya luar biasa, dimana awalnya kalah dengan atlet Thailand tapi kita bisa mendapatkan emas," kata Dea Salsabila Putri, dikutip dari Antara.

Selain dari pentathlon, emas juga disumbangkan oleh rowing dan kano masing-masing satu emas. Dengan tambahan tiga emas, Indonesia tetap bertahan di posisi dua dengan raihan 42 emas, 42 perak dan 48 perunggu.

Cabang olahraga menembak Indonesia juga membuat kejutan pada SEA Games 2019 Filipina karena mampu mengukir prestasi luar biasa jika dibandingkan dengan kejuaraan yang sama sebelumnya yang hanya meraih satu medali emas.

Target tiga emas yang dicanangkan oleh PB Perbakin maupun pemerintah dilewati dengan mudah bahkan hanya dalam dua hari. Padahal menembak merupakan cabang olahraga yang banyak memperebutkan medali emas.

Salah satu atlet yang bersinar kejuaraan yang berlangsung di Philippine Marine Shooting Range Total, Manila, Filipina, itu adalah Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba. Atlet berusia 18 tahun itu tidak hanya menyumbang satu, tapi dua medali emas untuk Indonesia.

Emas pertama didapat dari nomor 10 M Air Rifle Women. Nomor ini ada spesialisasi atlet yang akrab dipanggil Vika itu dan yang membawanya ke Olimpiade 2020 Tokyo Jepang setelah bersinar pada kejuaraan Asian Shooting Championships Qatar 2019.

Gadis belia kelahiran Depok, Jawa Barat, 27 Mei 2001 ini telah mengukir sejarah sebagai atlek menembak pertama Indonesia yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 melalui babak kualifikasi. Dia meraih tiket ke Tokyo pada Kejuaraan Menembak Asia di Qatar 2019.

"Semoga hasilnya di Olimpiade akan memuaskan untuk Indonesia," kata anak pasangan M Toyip dan mantan atlet menembak nasional I Gusti Ayu Putu Indra Dewi itu.

Cabang menembak sendiri hingga saat ini sudah menyumbangkan enam medali emas yang dua diantaranya dari Vika. Hasil ini jelas di luar dugaan dan bisa dikatakan menjadi cabang olahraga asal Indonesia yang paling bersinar di SEA Games 2019.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight