Berita Internasional Terkini

Update Kasus Nupur Sharma dan Kontroversi Soal Nabi Muhammad

Penulis: Alexander Haryanto, tirto.id - 5 Jul 2022 16:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pernyataan kontroversial Nupur Sharma itu ia lontarkan dalam debat TV sehingga membuat marah umat Muslim.
tirto.id - Komentar politikus India, Nupur Sharma terkait dugaan penghinaan terhadap Nabi Muhammad berbuntut panjang. Nupur Sharma adalah juru bicara Partai Bharatiya Janata (BPJ), tapi sudah diskors dari keanggotaan utama partai.

The Guardian melaporkan, polisi India sudah menangkap pelaku pembunuhan seorang penjahit Hindu di Rajasthan, yang memicu ketegangan antara mayoritas Hindu dan minoritas Muslim.

Menurut polisi, pembunuhan itu diduga sebagai tanggapan atas dukungan korban bernama Kanhaiya Lal Teli terhadap penghina seorang politisi. Korban diduga membuat postingan media sosial yang mendukung Nupur Sharma.


Hakim dari Mahkamah Agung mengatakan bahwa Sharma harus meminta maaf kepada seluruh bangsa setelah pernyataannya meningkatkan perpecahan agama di India, membuat marah negara-negara Islam dan memicu ketegangan diplomatik.

Tiga pejabat senior polisi mengatakan dua pria Muslim yang berbasis di Rajasthan ditahan karena merencanakan pembunuhan Teli di tokonya di Udaipur. Sedangkan dua pria Muslim lainnya sudah ditahan.

“Kami sekarang telah menangkap dua dalang, dan sebelumnya kami telah menangkap dua orang yang melakukan kejahatan keji itu,” kata Prafulla Kumar, seorang pejabat senior polisi yang berbasis di Udaipur.


Kronologi Kasus Nupur Sharma

Seperti diberitakan Times Now News, pernyataan kontroversial Nupur Sharma itu ia lontarkan dalam debat TV sehingga membuat marah umat Muslim India dan lebih dari selusin negara Islam.

Selain Nupur, pemimpin partai lain, Naveen Jindai juga mendapat kritik setelah dia menulis konten ofensif terrhadap Islam di Twitter.

Nupur Sharma dan Naveen Jindai adalah kader Partai Bharatiya Janata (BPJ), di mana Nupur bertindak sebagai juru bicaranya.


Tapi keduanya sudah diskors dari keanggotaan utama partai itu setelah komentar kontoversial mereka tentang Nabi Muhammad.

Komite Disiplin Pusat BJP menyatakan bahwa pendapat Nupur Sharma bertentangan dengan posisi partai dalam berbagai hal. Oleh karenanya, dia diskors dari partai.

“Partai Bharatiya Janata menghormati semua agama. BJP mengecam keras penghinaan terhadap tokoh agama dari agama apa pun,” kata Arun Singh, sekretaris jenderal nasional BJP dalam siaran pers.

"BJP juga sangat menentang ideologi apa pun yang menghina atau merendahkan sekte atau agama apa pun."


Baca juga artikel terkait UCAPAN NUPUR SHARMA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight