Formula 1

Update Jadwal F1 2020 Terbaru: Start di GP Austria 5 Juli

Oleh: Beni Jo - 2 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Formula 1 (F1) untuk jadwal musim 2020 dipastikan bakal start pada 5 Juli mendatang di GP Austria.
tirto.id - Balapan Formula 1 (F1) untuk jadwal musim 2020 dipastikan bakal start pada 5 Juli mendatang dan digelar tanpa penonton. Grand Prix (GP) Austria dipilih sebagai race pembuka musim ini setelah F1 2020 tertunda sejak Maret akibat dampak pandemi Corona COVID-19.

"Formula 1 mengkonfirmasikan musim 2020 akan dimulai di Austria pada bulan depan dengan menggeber delapan balapan pertama dari kalender yang baru," tulis pernyataan F1, dilansir laman resmi, Selasa (2/6/2020).

"Musim ini bakal dimulai melalui Grand Prix Austria di Red Bull Ring pada 5 Juli, dilanjutkan seminggu kemudian dengan balapan kedua di trek yang sama," tambah F1.

Berdasarkan kalender terbaru yang sudah dirilis, F1 berencana menggeber 8 balapan awal. Dari jadwal tersebut, terdapat dua seri yang diselenggarakan di sirkuit yang sama.

Selain GP Austria yang berlangsung dua kali pada bulan Juli, F1 juga merencanakan untuk menggelar dua kali race pada GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone. Balapan ini digelar pada Agustus mendatang.

Secara berurutan, untuk kalender terbaru adalah dua kali GP Austria, GP Hungaria, dua kali GP Inggris, GP Spanyol, GP Belgia, dan terakhir yaitu GP Italia di Monza pada September.

F1 menegaskan bahwa balapan pembuka diselenggarakan dengan sistem tertutup. Artinya, tidak ada penonton yang bisa hadir secara langsung untuk menyaksikan balapan dari pinggir lintasan.

Meskipun demikian, mereka tetap berharap fans bisa datang ketika situasi sudah aman dari kondisi pandemi virus corona.

Selain itu, pada saat balapan digelar, F1 juga memastikan jika faktor kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat akan tetap menjadi prioritas utama. Bersama FIA selaku federasi otomotif dunia, mereka menerapkan aturan yang ketat dalam menggelar prosedur keselamatan tersebut.


Akhirnya Bisa Dimulai

Chase Carey selaku chairman dan CEO F1 menyatakan rasa terima kasih kepada semua pihak atas komitmen mereka untuk tetap menyelenggarakan balapan musim ini.

Menurutnya, semua sudah bekerja keras demi bisa menggeber ajang adu balap jet darat tersebut, baik dari internal F1, FIA, tim-tim, maupun para mitra pendukung lainnya.

"Dalam beberapa pekan terakhir, kami telah bekerja dengan semua partner, FIA, dan tim-tim untuk menyusun kalender 2020 yang direvisi hingga memungkinkan untuk memulai balapan dengan cara yang paling aman," tutur Carey.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua promotor dan mitra atas dukungan dan komitmen mereka untuk kelangsungan Formula 1," tambahnya.

Balapan F1 musim ini sedianya digeber pada Maret silam melalui GP Australia. Akan tetapi, tak kunjung bisa dimulai hingga saat ini karena dampak COVID-19.

Kini, dengan kepastian balapan pada Juli, para pembalap F1 pun bakal memulai persiapannya demi menyongsong musim baru tersebut.

Jadwal Lengkap 8 Balapan F1 Musim 2020:

Grand Prix Waktu (2020)
GP Austria 3-5 Juli
GP Austria 10-12 Juli
GP Hungaria 17-19 Juli
GP Inggris 31 Juli - 2 Agustus
GP Inggris 7-9 Agustus
GP Spanyol 14-16 Agustus
GP Belgia 28-30 Agustus
GP Italia 4-6 September

Baca juga artikel terkait F1 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight