Update Gratis Windows 11: Syarat, Spek Minimum PC, dan Jadwal Rilis

Oleh: Ibnu Azis - 2 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Agar update gratis Windows 11 sukses, pengguna perlu mengetahui syarat dan jadwal pembaruan. Berikut penjelasannya.
tirto.id - Update Windows 11 dapat diinstal secara gratis pada perangkat Windows 10. Apa saja syaratnya, soal spesifikasi minimum PC, dan kapan pembaruan dapat dilakukan?

Microsoft pada 31 Agustus 2021 melalui Blog Windows mengumumkan bahwa Windows 11 akan resmi dirilis pada 5 Oktober 2021.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Windows 11 akan mulai tersedia pada tanggal 5 Oktober 2021,” kata Aaron Woodman, Manajer Umum Pemasaran Windows di Microsoft.

Microsoft resmi memperkenalkan Windows 11 pada 24 Juni 2021 sebagai penerus Windows 10. Hal mencolok dari sistem operasi (OS) ini adalah desain antarmukanya yang dirancang ulang untuk produktivitas, kreativitas, dan kemudahan pengguna.

“Hari ini, saya dengan rendah hati dan bersemangat untuk memperkenalkan Anda dengan Windows 11, Windows yang membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda sukai,” kata Panos Panay, Kepala Produk Windows di Microsoft, saat itu.

Dikutip dari The Verge, Microsoft telah menentukan jadwal dukungan terakhir mereka terhadap Windows 10. Dukungan ini akan berakhir pada 14 Oktober 2025 atau lebih dari 10 tahun sejak OS ini dirilis.


Syarat Update Gratis Windows 11

Masih dari Blog Windows, Aaron mengatakan bahwa pengguna Windows 10 resmi bakal menerima update ke Windows 11 secara gratis. Namun, ketersediaannya akan digulirkan secara bertahap.

Microsoft menggarisbawahi bahwa perangkat yang kompatibel bakal diprioritaskan. Windows 11 juga akan terpasang pada perangkat yang dijual dengan preload OS ini.

Upgrade gratis ke Windows 11 dimulai pada 5 Oktober dan akan bertahap dan diukur dengan fokus pada kualitas,” kata Aaron.

Microsoft berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan menerima penawaran upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022. Jika konsumen memiliki PC Windows 10 yang memenuhi syarat untuk pemutakhiran, akan menerima notifikasi pembaruan Windows jika sudah tersedia.

Konsumen juga dapat memeriksa untuk melihat apakah update Windows 11 siap untuk diinstal ke perangkat, dengan masuk ke Pengaturan > Pembaruan Windows > Periksa pembaruan.


Spek Minimum PC untuk Instal Windows 11

Berikut ini spesifikasi minimum dasar perangkat yang dapat menginstal Windows 11 sebagaimana dikutip dari situs resmi Microsoft:

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC);
  • RAM: 4 gigabyte (GB);
  • Penyimpanan: 64 GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar;
  • Firmware sistem: UEFI, mampu Secure Boot;
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0;
  • Kartu grafik: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0;
  • Layar: Tampilan definisi tinggi (720p) yang lebih besar dari 9 inci secara diagonal, 8 bit per saluran warna;
  • Koneksi internet dan akun Microsoft: Windows 11 Home memerlukan konektivitas internet dan akun Microsoft.

Microsoft menjelaskan bahwa mungkin ada persyaratan tambahan dari waktu ke waktu untuk pembaruan, serta persyaratan untuk mengaktifkan fitur-fitur tertentu dalam OS. Untuk mengetahuinya dapat cek persyaratan khusus fitur untuk Windows 11 di sini.

Berikut video teaser Windows 11:



Baca juga artikel terkait WINDOWS 11 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight