Serie A 2019/2020

Update Corona Liga Italia: Sampdoria Sudah Bebas COVID-19

Oleh: Wan Faizal - 24 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Lima pemain Sampdoria telah dipastikan negatif dari virus Corona COVID-19.
tirto.id - Kabar bagus datang dari Sampdoria mengenai kondisi para pemain mereka yang sempat dinyatakan positif virus Corona. Kini, klub Liga Italia Serie A 2019/2020 itu sudah terbebas dari COVID-19. Kelima pemain Il Samp telah dipastikan negatif dari virus.

Kelima pemain tersebut adalah Manolo Gabbiadini, Omar Colley, Albin Ekdal, Antonino La Gumina, dan Morten Thorsby. Selain itu ada juga salah satu staf medis klub yang terpapar virus Corona. Sampdoria kini mengumumkan bahwa mereka semua telah sembuh.

“UC Sampdoria mengumumkan bahwa pada akhir dari masa tes yang diharuskan oleh hukum, semua anggota kami yang sempat positif COVID-19 kini telah mendapatkan hasil negatif,” demikian pernyataan resmi klub, Kamis (23/04/2020).

Beberapa waktu lalu, Juventus juga mengumumkan bahwa dua pemainnya yaitu Daniele Rugani dan Blaise Matuidi telah sembuh dari virus yang sama. Di kubu BIanconeri kini hanya tinggal Paulo Dybala saja yang masih berstatus positif.

Sebelumnya pada awal April 2020, Fiorentina juga memberikan kabar bagus mengenai kesembuhan tiga pemainnya yang sebelumnya positif COVID-19. Mereka adalah Patrick Cutrone, Dusan Vlahovic, dan German Pezzella.

Nasib Kelanjutan Liga Italia

Kabar baik mengenai pulihnya para pesepkbola yang sempat terjangkit COVID-19 tampaknya belum berdampak terhadap kejelasan sisa kompetisi Liga Italia Serie A 2019/2020.

FIGC selaku federasi sepak bola Italia dalam rilis terbarunya menyatakan bahwa kompetisi 2019/2020 bisa saja berakhir pada 2 Agustus nanti.

Perpanjangan waktu tersebut diharapkan bisa membantu klub-klub untuk menyiasati keadaan yang ada. Utamanya terkait kontrak pemain yang lumrahnya akan berakhir pada 30 Juni.


Mengenai kontrak tersebut, nantinya masih akan digelar diskusi dengan AIC atau Asosiasi Pemain Sepak Bola Italia.

“Dunia sepak bola bekerja tanpa henti dan bertanggung jawab untuk menemukan solusi yang pasti dan berkelanjutan atas krisis yang terjadi karena COVID-19. Ini termasuk panduan keamanan untuk musim kompetisi 2020-2021,” ucap Gabriele Gravina, Presiden FIGC.

“Saya berterima kasih pada Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora yang memberikan perhatian khusus pada rapat kemarin. Kami telah menjelaskan secara mendalam bahwa kami ingin kembali bermain dengan rasa aman. Kami pun diminta untuk tetap menjaga diri oleh badan internasional yang terhubung dengan sepak bola Italia," lanjutnya.

Klub-klub Italia berharap bisa kembali menggelar latihan pada 4 Mei dengan panduan keamanan dan kesehatan dari pihak terkait.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight