Update Corona Jogja: Satu Pasien Positif COVID-19 di Sleman Sembuh

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 1 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Update corona Jogja 1 April 2020 pagi: Satu pasien positif coronavirus COVID-19 di Sleman, DIY sembuh.
tirto.id - Seorang pasien positif virus corona COVID-19 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan di salah satu rumah sakit rujukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman, DIY Joko Hastaryo di Sleman Rabu (1/4/2020).

"Satu pasien yang terpapar COVID-19 sudah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit rujukan," kata Joko seperti dilansir Antara, Rabu (1/4/2020).

Menurut Joko, hingga saat ini, terdapat sebanyak 102 orang yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sleman yang masih dirawat di rumah sakit rujukan.

"Dari jumlah tersebut yang terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 ada 12 orang," ujar Joko.

Beberapa rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kabupaten Sleman di antaranya RSUP Dr Sardjito, RSUD Sleman Murangan, Rumah Sakit JIH, Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY.

Sementara untuk infografis terkait penanganan COVID-19, lanjut Joko, di Kabupaten Sleman seperti jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP), PDP, dan lainnya menggunakan pada satu data dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi DIY.

"Gugus Tugas Kabupaten Sleman tidak membuat infografis sendiri, tetapi menggunakan satu data dari Gugus Provinsi DIY," katanya.

Joko menambahkan, saat ini untuk menekan laju pertambahan kasus COVID-19 di Kabupaten Sleman, tetap mengacu dari protokol Penanganan COVID-19 dari pemerintah.

"Kami selalu mengacu pada protokol resmi dari pemerintah, kami juga terus melakukan sosialisasi di masyarakat dan harapannya protokol penanganan ini dapat dipatuhi masyarakat," tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengkonfirmasi adanya enam tambahan kasus positif Corona sehingga secara akumulatif di DIY terdapat 24 kasus per 31 Maret 2020.

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih kepada wartawan, Selasa (31/3/2020) menyampaikan di Yogyakarta terdapat 205 pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah diperiksa.

"Hasil [pemeriksaan] negatif Corona sebanyak 52 orang. Hasil positif [Corona] 24 orang, dua di antaranya sembuh, dan 3 meninggal," kata Berty.

Pasien yang dinyatakan sembuh adalah pasien kasus ke-5 seorang perempuan 30 tahun asal Berbah, Sleman yang dirawat di RSUP Sardjito.

Sementara itu terdapat 129 PDP yang saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan uji laboratorium. Dari 129, tujuh di antaranya dinyatakan meninggal dunia.




Baca juga artikel terkait CORONA COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight