Update Corona di Spanyol: Klub-klub La Liga Mulai Berlatih 4 Mei

Oleh: Beni Jo - 29 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liga Spanyol disetop sementara pada Maret lalu dan pada awal Mei, klub-klub La Liga bisa memulai latihan setelah di-lockdown.
tirto.id - Klub La Liga berpeluang dapat kembali menggelar latihan pada 4 Mei 2020 mendatang di tengah pandemik Corona. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez telah mengizinkan para atlet profesional untuk melakukan latihan pada awal bulan depan.

Seperti dilaporkan The Guardian dikutip Rabu (29/4/2020), mereka yang berkecimpung dalam dunia olahraga, termasuk para pemain sepak bola, kata PM Sánchez, akan diizinkan untuk memulai sesi latihan individu sebagai bagian dari rencana 'empat fase' usai lockdown.

Pemerintah setempat akan memulai empat fase itu dengan memakai sistem fase nol diikuti oleh tiga fase selanjutnya. Situasi normal ditargetkan bakal dialami pada akhir Juni mendatang.

Terkait adanya langkah dari pemerintah Spanyol itu, pihak La Liga juga telah menyiapkan protokol yang akan diterapkan bagi tiap-tiap klub jika latihan kembali mulai digelar.

Dalam aturan itu, dijelaskan bahwa para pemain akan melakoni latihan individu terlebih dahulu. Kemudian menghelat latihan dalam kelompok, sebelum menyelenggarakan latihan full team secara resmi.

Seperti diketahui, gelaran Liga Spanyol 2019/2020 telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret lalu. Kompetisi level tertinggi di negeri Matador itu baru menyelesaikan 27 jornada dari total 38 pekan pertandingan musim ini.

Barcelona masih memimpin di puncak dengan perolehan 58 poin diikuti rival utama Real Madrid yang hanya selisih dua angka saja dibelakangnya pada peringkat kedua.


Rencana PM Spanyol

Mengutip laman El Pais, PM Spanyol pada konferensi pers, Selasa (28/4) waktu setempat, menjelaskan rencana pembatasan aktivitas warga dalam periode karantina terkait corona.

Termasuk di antaranya yaitu mobilitas umum hingga berakhirnya aturan tersebut. Akhir Juni diprediksi jadi bulan berakhirnya kondisi itu meski masyarakat saat tidak diperkenankan berpergian ke provinsi lain.

"Rencana Transisi Menuju Kehidupan Normal yang Baru yang telah kami kerjakan selama hampir sebulan, hari ini sudah disetujui oleh kabinet. Kami mengambil pengalaman dari tempat lain, dengan melakukan adaptasi sesuai keragaman dan realitas di negara kami," kata Sánchez.

Dijelaskan olehnya, pada fase nol atau fase pertama, akan dimulai pada 4 Mei. Termasuk di dalamnya untuk pembukaan kembali sejumlah bisnis kecil seperti restoran dengan aturan yang telah ditetapkan.

Sementara para pelaku olahraga sendiri diperkirakan masih mengalami pembatasan pada saat fase kedua meskipun sejumlah fasilitas umum sudah bisa dibuka, seperti sekolah atau universitas.

"Acara budaya dimungkinkan dengan kurang dari 50 orang di dalam ruang, dan untuk acara terbuka, 400 orang atau lebih sedikit, dan mereka harus duduk," tambah Sánchez.

Pada fase ketiga, sudah mengalami kelonggaran dengan batasan 50 persen dari kapasitas yang dimiliki oleh suatu tempat hingga akhirnya memasuki fase terakhir.

Dengan selisih dua pekan pada tiap fasenya, Pedro Sánchez pun memperkirakan akhir Juni mendatang Spanyol bakal bisa memulai kembali kehidupan normalnya.


Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight