Update Arus Balik 2022: Volume Kendaraan di Tol Cipali Sudah Turun

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 10 Mei 2022 18:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Update arus balik Lebaran 2022, ada sekitar 23 ribu kendaraan melintas melalui gerbang tol Cikopo - Palimanan.
tirto.id - Lintas Marga Sedaya Astra Tol Cipali mencatat hingga sore ini ada sekitar 23 ribu kendaraan melintas melalui gerbang tol Cikopo - Palimanan. Wakil Direktur Utama Lintas Marga Sedaya Astra Tol Cipali Firdaus Azis menjelaskan, sejak pagi memang terjadi kepadatan lalu lintas namun kondisi tersebut sudah mulai membaik pada siang hari.

"Kondisi lalu lintas di ruas tol Cipali hari Selasa 10 Mei saat ini terpantau ramai lancar dengan jumlah kendaraan yang melintasi di gerbang tol Palimanan sejak pagi hingga siang ini sebesar 23 ribu kendaraan," jelas dia kepada Tirto, Selasa (10/5/2022).

Firdaus menjelaskan, adapun kendaraan yang melintas di ruas tol Cipali pada hari Senin, 9 Mei menurut data sementara tercatat sekitar 100 ribu kendaraan.

"Kepadatan lalu lintas terjadi hari Senin, 9 Mei 2022 sejak malam hari dari arah timur ke barat didominasi kendaraan kecil yaitu golongan 1 sehingga diberlakukan contra flow atas diskresi kepolisian di beberapa titik menjelang rest area.

"Upaya yang sudah kami lakukan untuk mengurai kepadatan lalin berkoordinasi dan atas diskresi kepolisian dilakukan pemberlakuan contra flow dan juga buka tutup rest area jika kapasitas sudah penuh," tandas dia.

Posko Lebaran 2022 Resmi Ditutup

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa, resmi menutup pos koordinasi pusat angkutan Lebaran 2022 seiring dengan telah berakhirnya kegiatan masyarakat yang melakukan arus mudik dan arus balik pada perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Pelaksanaan posko koordinasi pusat angkutan terpadu Lebaran 2022/1443 Hijriah dengan ini saya nyatakan ditutup," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/5/2022), sebagaimana diberitakan Antara.

Budi mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dengan menugaskan Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan untuk melakukan penelitian terhadap aktivitas arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Menurutnya, hasil evaluasi itu nanti akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk ditindaklanjuti guna meningkatkan sarana, prasarana, hingga cara masyarakat melakukan mudik dan arus balik Lebaran.

"Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian, satu sisi bahwa jalan tol yang ada di Jawa dan Sumatera memberikan dampak positif dan memberikan eforia baru bagi masyarakat untuk mudik, apalagi sudah dua tahun tidak melakukan mudik," ujar Budi.

Selama kegiatan mudik dan arus balik Lebaran 2022, masyarakat lebih senang melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi.

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan pribadi sebanyak 47 persen yang melakukan perjalanan dari Jabodetabek ke arah timur dan barat.

Budi menuturkan angka itu terbilang sangat besar dan harus dikelola dengan baik.

"Kami juga mencatat bahwa di Jabodetabek terdapat kenaikan penggunaan jalan tol kurang lebih 11,8 persen. Ini jumlah yang besar, apalagi ada kecenderungan keberangkatan dari para pemudik itu pada waktu-waktu tertentu," ungkapnya.


Baca juga artikel terkait ARUS BALIK 2022 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri

DarkLight