Pandemi COVID-19

Upaya Pemerintah Cegah Munculnya Klaster COVID-19 di Keluarga

Oleh: Andrian Pratama Taher - 26 September 2020
Menteri PPPA Bintang Puspayoga berkata pemerintah akan menerbitkan protokol kesehatan di sektor keluarga.
tirto.id - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyebut pemerintah akan menerbitkan protokol kesehatan di sektor keluarga. Protokol ini, kata Bintang, akan menjadi panduan keluarga agar tidak terpapar COVID-19.

"Protokol kesehatan keluarga ini ke depan itu kan diarahkan bagaimana untuk mencegah keluarga ini terinfeksi dari paparan COVID-19,” kata Bintang dalam diskusi bersama Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan COVID Reisa Brotoasmoro dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Bintang menerangkan, protokol ini juga akan menyampaikan langkah-langkah apabila ada keluarga yang terpapar COVID-19.

Dalam acara itu, ia pun menyampaikan tahapan penanganan COVID-19 bagi seseorang yang berstatus positif. Pertama, keluarga harus melapor ke Puskesmas terdekat atau dinas pemerintah setempat. Kemudian nanti satgas daerah akan turun dan melakukan tracing. Keluarga pun akan diswab secara gratis.

"Kalau dari keluarga tersebut sudah sesuai dengan apa yang harus difasilitasi oleh ini nanti akan mendapatkan swab atau PCR gratis yang akan ditanggung oleh Satgas daerah tersebut," kata Bintang.

Bintang mengatakan, protokol ini sudah dibahas dengan sejumlah pihak. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID. Kemudian juga sudah berbincang dengan Kementerian Kesehatan.

"Nanti mudah-mudahan apa yang menjadi pertanyaan teman-teman itu sudah diatur, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini," kata Bintang.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight