Untuk Calon Mahasiswa, Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah?

Oleh: Zulfa Nur Widowati - 5 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan para calon mahasiswa sebelum kuliah di universitas.
tirto.id - Kuliah merupakan investasi penting untuk masa depan. Meskipun terdengar asyik, tidak mudah untuk beradaptasi terhadap peralihan dari sekolah menengah ke perkuliahan. Sebab, para siswa menengah harus menjalani serangkaian tes untuk lolos ke kampus yang diharapkan.

Mengembangkan kebiasaan baik di sekolah menengah akan berpengaruh di perkuliahan serta kehidupan selanjutnya. Gelar sarjana yang didapat diharapkan akan bermanfaat untuk masa depan. Beberapa tips sebelum memasuki masa kuliah bagi calon mahasiswa seperti dirangkum dari Fremont.edu dan Calcareercenter.org:

1. Mulai mencari kampus yang diinginkan

Untuk menata rencana impian agar lebih matang, mulai tentukan kampus mana yang diinginkan. Jika memungkinkan, kunjungi setiap kampus yang menjadi tujuan untuk merasakan suasana kampus dan mencari tahu seperti apa kehidupan mahasiswanya. Supaya lebih mengetahui perihal kampus itu dengan detail.

2. Belajar membuat catatan yang baik

Tujuan utama kuliah untuk mematangkan pemikiran dan memperluas wawasan tentang karier masa depan. Ketika di kelas, catatlah apa yang dosen katakan karena itu menambah ilmu berharga yang membantu dalam profesi masa depan serta menjadi dasar bagi kesuksesan Anda.

Ada banyak cara efektif untuk mencatat, seperti metode garis besar, metode Cornell, metode peta pikiran, metode aliran, dan metode tulis slide. Menggunakan metode sesuai gaya belajar Anda dapat memengaruhi keberhasilan di perkuliahan.

3. Disiplin waktu

Godaan malas ketika masuk perkuliahan sangat sulit ditolak. Pasalnya, mata kuliah yang tidak terlalu padat di semester awal membuat banyak waktu luang. Jangan membuat kesalahan dengan melewatkan terlalu banyak kelas atau mengabaikan waktu belajar. Hadiri kelas walaupun mata kuliah tidak menyenangkan. Patuhi jadwal kuliah dengan baik agar tidak terjadi masalah di perjalanan kuliah.

4. Bertanggung jawab

Meskipun kehadiran di kelas adalah wajib di sekolah menengah, salah satu manfaat dari perguruan tinggi adalah Anda dapat memilih untuk pergi ke kelas atau tidak. Banyak mahasiswa mengambil keuntungan dari ini dan melewatkan kelas yang dianggap tak perlu.

Terlepas dari apa yang dikatakan beberapa orang, menghadiri kelas sangat penting untuk kesuksesan Anda, karena kuliah dan kegiatan kelas adalah tempat Anda akan mendapatkan sebagian besar konten yang muncul pada ujian Anda. Sekolah menengah adalah waktu yang tepat untuk membiasakan diri menghadiri kelas secara teratur dan mempelajari apa artinya menjadi disiplin.

5. Banyak membaca

Membaca sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Beberapa dosen memerintahkan para mahasiswa untuk membaca sebelum kelas dimulai. Tak hanya itu, menyarankan membaca beberapa literatur untuk mengerjakan tugas atau ujian sudah menjadi kebiasaan setelah kelas usai. Oleh karena itu, banyaklah membaca dari berbagai referensi bahasa.

6. Berpartisipasilah dalam program relawan dan layanan masyarakat

Menjadi relawan akan memberikan nilai tambahan saat melamar beasiswa di kampus. Pengalaman relawan dan pengabdian masyarakat tidak hanya akan terlihat bagus pada saat melamar beasiswa, tetapi juga akan memberi Anda pekerjaan yang berharga dan keterampilan sosial. Sehingga bisa membantu karier Anda di masa mendatang. Jangan berhenti berpartisipasi sebagai relawan. Ketika masuk dunia kampus, kegiatan tersebut akan mendatangkan banyak jaringan pertemanan.

7. Banyaklah menulis esai

Luangkan waktu yang cukup untuk mengembangkan esai. Saat kuliah, mahasiswa sering diberikan tugas oleh dosen untuk membuat esai dari hasil pemikiran sendiri. Menulis esai menjadi wajib, bahkan harus dilatih dengan membaca banyak referensi agar hasil tulisan baik. Banyak menulis esai melatih mahasiswa untuk menulis skripsi dan jurnal sebelum lulus.


8. Aktif dalam kegiatan atau organisasi

Terlibatlah dalam komunitas atau kegiatan saat di sekolah. Pengalaman berorganisasi sangat berguna ketika di kampus kelak. Mengikuti berbagai kegiatan kampus dan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif akan membantu mengeksplor dan mengenali kelebihan dan kekurangan Anda.

Kelebihan inilah yang nantinya bisa terasah selama menjalani masa perkuliahan. Selain itu, bisa mengikuti berbagai kejuaraan antar-kampus atau bahkan berpartisipasi dalam pengadaan kejuaraan itu sendiri. Ikut dalam kegiatan kampus juga akan berguna untuk menambah jaringan pertemanan di kampus dan menambah riwayat organisasimu di CV. Pengalamanmu dalam organisasi mahasiswa dapat menambah nilai plus saat melamar pekerjaan.

9. Konsultasi Konselor sekolah atau guru

Tanyakan konselor sekolah dan guru yang mengenal Anda dengan baik untuk merekomendasi jurusan apa yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki. Lalu bagaimana jurusan itu untuk masa depan.

Dilansir dari Thebestschools.org, banyak mahasiswa tidak menyelesaikan kuliah karena manajemen waktunya yang buruk. Waktu luang menjadi bumerang bagi mahasiswa. Kelas kuliah hanya bertemu tiga atau empat kali seminggu dengan mata kuliah bermacam-macam. Kondisi ini membuat mahasiswa bingung apa yang harus dilakukan.

Berbeda dengan sekolah menengah yang menawarkan jadwal blok, sebagian besar kelas dijalankan secara berurutan, dengan satu-satunya waktu luang datang untuk waktu singkat saat makan siang.

Aturan sekolah menengah telah mengajarkan cara memanfaatkan waktu belajar Anda sebaik-baiknya di malam hari. Sekarang saatnya belajar bagaimana memanfaatkan waktu belajar Anda sepanjang hari.


Baca juga artikel terkait KULIAH atau tulisan menarik lainnya Zulfa Nur Widowati
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Zulfa Nur Widowati
Penulis: Zulfa Nur Widowati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight