Ulasan Singkat Vagabond Episode 16 Tayang Malam Ini di SBS

Oleh: Maria Ulfa - 23 November 2019
Dibaca Normal 2 menit
Vagabond episode 16 akan tayang malam ini, Sabtu, 23 November 2019 pukul 20.00 WIB di SBS dan Netflix.
tirto.id - Episode terakhir Vagabond, yakni episode 16 akan tayang malam ini, Sabtu (23/11/2019) pukul 20.00 WIB di SBS, dan juga platform streaming berbayar Netflix. Menjelang episode final, para penonton justru semakin penasaran bagaimana akhir dari cerita mendebarkan dan penuh aksi ini.

Vagabond bercerita tentang seorang stuntman bernama Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) yang bekerja sama dengan agen National Intelligent Service (NIS) bernama Go Hae Ri (Suzy) untuk mengungkap kebenaran di balik kasus kecelakaan pesawat b357 yang menewaskan keponakan Dal Gun, Cha Hoon.

Ketegangan semakin meningkat karena di setiap episode menuju akhir, Vagabond selalu menampilkan aksi dan jalan cerita yang semakin menarik dan mengejutkan para penonton.

Pada episode 15 yang tayang tadi malam, salah satu misteri dari drama Vagabond, yakni identitas Samael akhirnya telah terungkap, dia adalah Edward Park (Lee Kyung Young), pelobi senjata dari perusahaan Dynamic Systems yang selama ini membantu Cha Dal Gun menguak kebusukan perusahaan rival, John & Mark.

Selain itu, salah satu misteri dalam drama ini yang juga belum terkuak adalah, apa alasan di balik Cha Dal Gun mengarahkan senapannya kepada Go Hae Ri? Adegan ini ada pada episode perdana Vagabond yang tayang pada 20 September 2019 lalu. Akan tetapi, hingga episode 15, alasan di balik tindakan tersebut belum juga terungkap.

Yang mana, pada adegan episode pembukaan Vagabond tersebut, keduanya sedang berada di wilayah Kriya, Kerajaan Afrika. Dalam adegan tersebut, Cha Dal Gun terlihat menggunakan pakaian lengkap bak seorang agen spesial dan sedang berkamuflase dengan memegang senjata.

Saat itu, Go Hae Ri muncul di tengah jalanan di padang pasir dengan dikawal sejumlah bodyguard. Cha Dal Gun merasa terkejut ketika ia tahu bahwa target yang harus ia bunuh ternyata adalah Go Hae Ri.

Akan tetapi, adegan tersebut justru berakhir dengan Cha Dal Gun sedang mencoba mengarahkan senjatanya kepada Go Hae Ri dan siap-siap untuk menembak. Tentu saja, hal tersebut semakin membuat penonton penasaran, apa alasan di balik dari adegan tersebut?

Sementara itu, sejak penayangan pertamanya, Vagabond telah berhasil menarik perhatian penonton. Selain karena drama ini merupakan drama reuni antara Lee Seung Gi dan Suzy sejak mereka membintangi Gu Family Book pada 2013, Vagabond juga menjadi salah satu produksi drama termahal. Vagabond memakan biaya produksi hingga 25 miliar won (sekitar 22 juta dolar AS), demikian seperti dikutip Sportschosun.


Vagabond juga telah meraih perhatian publik bahkan sebelum ditayangkan, yakni dengan adanya rencana penayangan di platform streaming berbayar Netflix.

Dengan tayang di Netflix, maka Vagabond ikut berkontribusi dalam menciptakan konten Hallyu yang dikenal di seluruh dunia, yakni dengan meningkatkan skala siaran ke seluruh Asia, Amerika, dan Eropa.

Selain itu, ada dua pasar utama yang menyukai film Korea, yaitu Jepang dan Asia Tenggara. Tak hanya itu, penonton dapat dengan bebas menikmati drama Vagabond di mana saja. Berkat perpindahan ini, Vagabond diyakini berhasil bersaing ketat dalam skala global.

Bahkan, pada penayangan episode perdananya, Vagabond telah berhasil meraih rating hingga 10,2 persen. Hingga pada episode 15 yang tayang tadi malam, rating drama ini tetap stabil dan terus menguat, yakni berada di angka 11,8 persen, 10,1 persen dan 8,7 persen untuk masing-masing bagian secara nasional, serta rata-rata 12,1 persen, 10,4 persen dan 9 persen untuk wilayah metropolitan Seoul.

Sementara itu, pada preview untuk episode 16 yang akan tayang malam ini, Cha Dal Gun akhirnya menyadari bahwa Samael adalah Edward Park. Akhirnya, Cha Dal Gun dan Edward Park terlibat perseteruan. Akan tetapi, Dal Gun tidak bisa berbuat apa-apa ketika ia tahu orang-orang terdekatnya terancam dibunuh oleh Edward Park.

Dal Gun akhirnya terpojok, dan ia justru tertangkap oleh Edward Park. Untuk membungkam mulut Dal Gun, Edward memutuskan membunuh Dal Gun dan juga Kim Woo Gi (Jang Hyuk Jin) dengan membakar mereka hidup-hidup di sebuah gedung kosong.

Lantas, mampukah Cha Dal Gun selamat dari kobaran api yang memangsanya? Jika Dal Gun selamat, maka ia harus segera memberitahu pihak NIS tentang siapa sebenarnya Samael.

Akan tetapi, jika Dal Gun menganggap itu semua terlalu berbahaya, karena mereka semua sedang diawasi pihak Edward Park, sepertinya ia harus mencari jalan keluar lainnya untuk segera menangkap Samael.

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka Vagabond episode 16 akan tayang malam di SBS pukul 10.00 p.m KST atau pukul 20.00 WIB. Vagabond juga tersedia di platform streaming berbayar Netflix.


Baca juga artikel terkait VAGABOND atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight