UEFA Bantah Ajak Argentina Berpartisipasi di Liga Negara Eropa

Oleh: Beni Jo - 8 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Argentina disebut menerima tawaran untuk tampil di Liga Negara Eropa.
tirto.id - UEFA membantah pemberitaan yang menyebut bahwa mereka telah mengundang Argentina untuk berpartisipasi di Liga Negara Eropa.

Dalam sebuah pernyataannya, Senin (8/7/2019), UEFA mengatakan bahwa "Tidak benar sama sekali bahwa Argentina telah diminta untuk berpartisipasi dalam kompetisi dibawah naungan UEFA atau menjadi anggota UEFA."

"UEFA tidak pernah mengadakan diskusi perihal masalah ini dan tidak akan pernah melakukannya. Namun, demi semangat persahabatan dan sekaligus sebagai organisasi yang inklusif, UEFA tentu saja akan mengundang Argentina sebagai tamu istimewa untuk bisa menonton kompetisi UEFA kapan saja," lanjut pernyataan itu dikutip AS.

Sebagai dampak dari polemik yang terjadi selama gelaran Copa America 2019 di Brasil, timnas Argentina dikabarkan sedang mempertimbangkan alternatif lain. Mereka mempunyai opsi untuk tampil di Liga Negara UEFA.

Seperti dilaporkan AS, disebutkan telah terjadi tawaran untuk pihak AFA (Federasi Sepakbola Argentina), agar bisa tampil di kompetisi di bawah naungan UEFA, yaitu Liga Negara Eropa, yang baru saja berjalan satu musim ini.

Hal itu terjadi akibat imbas yang dialami oleh Tim Tango selama menjalani pertandingan di Copa America 2019 yang baru saja usai.

Beberapa masalah yang melatarbelakangi, seperti kontroversi kartu merah yang menimpa bintang sekaligus kapten Argentina, Lionel Messi, pada laga perebutan tempat ketiga melawan Chile atau perihal VAR yang membuat tim Tango tersingkir oleh Brasil di semifinal.

Selain itu, disebutkan pula jika Argentina memutuskan untuk meninggalkan kompetisi Copa America yang diselenggarakan oleh CONMEBOL, kemudian akan memilih untuk ambil bagian dengan melawan beberapa negara besar seperti Spanyol, Jerman, Inggris, dan Portugal.

Hal itu berpotensi menawarkan kesempatan bagi para penggemar sepak bola untuk melihat Cristiano Ronaldo dan Messi kembali saling berhadapan.

Kompetisi Liga Negara Eropa baru saja dijalankan dan digelar untuk menggantikan laga persahabatan internasional, yang selama ini dijalani oleh negara-negara Eropa. Pada edisi pertamanya, Portugal keluar sebagai juara setelah mengalahkan Belanda di final.

Sementara itu, CONMEBOL dijadwalkan akan segera menggelar kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dimulai pada bulan Maret 2020. Sedangkan Copa America edisi berikutnya rencananya digulirkan pada musim panas mendatang di Kolombia.



Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight