Ucapan-Tema World Health Day 2021 & Daftar Hari Seputar Kesehatan

Oleh: Yulaika Ramadhani - 7 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
"Selamat Hari Kesehatan Sedunia untuk Sobat Sehat, tetap sehat dan berjuang melawan #Covid19."
tirto.id - Hari Kesehatan Dunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 7 April. Tema Hari Kesehatan Internasional tahun 2021 adalah "Building a fairer, healthier world" atau "Membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat".

Dalam World Health Day 2021, WHO melalui laman resminya mengundang kita untuk turut serta bergabung dalam kampanye baru untuk membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Sejarah dan asal mula Hari Kesehatan Internasional adalah
untuk menandai didirikannya organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) pada tahun 1948.

Pada 1948, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kalinya. Pada agenda tersebut, majelis memutuskan untuk merayakan 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan pertama kalinya pada 1950.

Ucapan Hari Kesehatan Internasional 2021

Dalam rangka turut merayakan World Health Day di masa pandemi Covid-19 ini, kita bisa ikut mengapresiasi kerja keras dokter, hingga tenaga medis yang lain. Sebagaimana dikutip laman Kemenkes, berikut ucapan World Health Day.

"Selamat Hari Kesehatan Sedunia untuk Sobat Sehat, tetap sehat dan berjuang melawan #Covid19#SupportNursesAndMidwives.Terima kasih kepada Dokter, Bidan, Perawat dan seluruh tenaga kesehatan yang sudah mendedikasikan diri dan melayani masyarakat Indonesia."


"Building a fairer, healthier world"

WHO menuturkan, di seluruh dunia, beberapa kelompok berjuang untuk memenuhi kebutuhan dengan sedikit pendapatan harian, memiliki kondisi perumahan dan pendidikan yang lebih buruk, lebih sedikit peluang kerja, mengalami ketidaksetaraan gender yang lebih besar, dan memiliki sedikit atau tidak ada akses ke lingkungan yang aman, air dan udara bersih, ketahanan pangan dan layanan kesehatan.

Hal ini menyebabkan penderitaan yang tidak perlu, penyakit yang bisa dihindari, dan kematian dini. Dan itu merugikan masyarakat dan ekonomi kita, lanjutnya.

"Ini bukan hanya tidak adil: ini dapat dicegah. Itulah mengapa kami meminta para pemimpin untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kondisi hidup dan kerja yang kondusif untuk kesehatan yang baik. Pada saat yang sama kami mendesak para pemimpin untuk memantau ketidakadilan kesehatan, dan untuk memastikan bahwa semua orang dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas kapan dan di mana mereka membutuhkannya," tulis WHO.

WHO juga mengungkapkan, COVID-19 telah menghantam semua negara dengan keras, tetapi dampaknya paling parah pada komunitas yang sudah rentan, yang lebih terpapar penyakit, cenderung tidak memiliki akses ke layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan lebih mungkin mengalami konsekuensi yang merugikan sebagai hasil dari tindakan yang dilakukan untuk mengatasi pandemi.

"WHO berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap orang, di mana pun, dapat mewujudkan hak atas kesehatan yang baik," tulis WHO.

Hari Besar Seputar Kesehatan

Terdapat sejumlah hari besar seputar kesehatan, berikut adalah di antaranya sebagaimana dikutip dari situs Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan:

JANUARI

15 Hari Kanker Anak Internasional
25 Hari Gizi Nasional
27 Hari Kusta Internasional

FEBRUARI

4 Hari Kanker Sedunia

MARET

3 Hari Pendengaran Nasional
22 Hari Air Sedunia
24 Hari Tuberkulosis Sedunia

APRIL

1 Hari Kanker Tulang
7 Hari Kesehatan Sedunia
25 Hari Malaria Sedunia

MEI

1 Hari Asma
8 Hari Palang Merah Sedunia
29 Hari Lanjut Usia Nasional
31 Hari Anti Tembakau Internasional

JUNI

1 Hari Anak Sedunia
5 Hari Lingkungan Hidup Sedunia
26 Hari Anti Narkoba Sedunia
29 Hari Keluarga Nasional

JULI

17 Hari Jadi Saka Bhakti Husada
23 Hari Anak Nasional

SEPTEMBER

3 Hari Palang Merah Indonesia

OKTOBER

10 Hari Kesehatan Jiwa
12 Hari Mata Internasional
15 Hari Cuci Tangan Sedunia
16 Hari Pangan Sedunia
18 Hari Menopause
20 Hari Osteoporosis

NOVEMBER

12 Hari Kesehatan Nasional
14 Hari Diabetes Sedunia

DESEMBER

1 Hari Aids Sedunia




Baca juga artikel terkait HARI KESEHATAN SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight