Ucapan Tahun Baru Islam 1442 H yang Jatuh pada 20 Agustus 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tahun Baru Islam 1442 H jatuh pada 20 Agustus 2020, beriku ini 10 ucapan untuk merayakannya!
tirto.id - Muharram menandai awal Tahun Baru Islam yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Hijriah dan Tahun Baru Arab yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020.

Seperti dikutip dari situs resmi NU, KH Sholeh Darat menyebutkan dalam kitab Lathaifut Thaharah wa Asrarus Shalah tentang kemuliaan bulan Muharram.

“Bahwa awal Muharram itu adalah tahun barunya seluruh umat Islam. Adapun tanggal 10 Muharram adalah 'Hari Raya' yang digunakan untuk bergembira dengan shadaqah," ujarnya.

Hari raya ini, lanjutnya, adalah untuk mensyukuri nikmat Allah, bukan hari raya dengan salat, tetap hari raya dengan pakaian rapi dan memberikan makanan kepada para faqir.

"Sebaiknya orang Islam mengetahui tahun baru Islam. Hari wuquf di Arafah itu akan menjadi hari pertama bulan Muharram dan akan menjadi tanggal 27 bulan Rajab," tukas KH Sholeh Darat.

Islam mempunyai dua belas bulan dalam hitungan satu tahun menurut hitungan yang telah ditetapkan.

Empat bulan di antaranya adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt yaitu, bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Sejumlah ahli tafsir bahkan menyebut, amalan-amalan ibadah yang dilakukan selama empat bulan haram itu bakal dilipatgandakan pahalanya.

Selama pandemi virus corona COVID-19 ini, mungkin Anda tidak bisa bertemu dan berkumpul saat Tahun Baru Islam.

Anda bisa mengucapkan harapan pada Tahun Baru Islam melalui 10 ucapan berikut ini, seperti dikutip dari India Today.

1. Saat Tahun Baru Hijriah dimulai, marilah kita berdoa semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh kedamaian, kebahagiaan dan banyak teman baru. Semoga Allah memberkati Anda sepanjang tahun baru. Selamat Tahun Baru Hijriah!

2. Saya berdoa untuk Anda dan keluarga agar selalu mendapat kebahagiaan dan kesejahteraan. Semoga Anda semua memiliki tahun yang luar biasa ke depan. Selamat Tahun Baru Hijriah!

3. Semoga Allah menghujani Anda dengan hadiah cinta, keberanian, kebijaksanaan, kebahagiaan, kesehatan, kesabaran dan kesucian. Selamat Tahun Baru!

4. Semoga Muharram penuh berkah. Selamat Tahun Baru!

5. Semua puji dan syukur bagi Allah yang memiliki semua yang ada di langit dan di bumi. Semoga Muharram diberkati. Semoga Anda dan keluarga mendapatkan tahun baru yang penuh kedamaian dan kebahagiaan! Semoga Allah memberkati Anda sepanjang tahun baru! Semoga 1442 menjadi tahun yang penuh dengan kebaikan, kesembuhan, kebahagiaan dan kesehatan!

6. Semoga tahun baru ini membawa banyak kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi dunia. Semoga Allah melindungi kita.

7. Semoga Allah SWT memberikan berkahnya pada Umat Muslim dan semua negara Islam. 1442 Mubarak.

9. Semoga Allah memberkati Anda pada Muharram - bulan pertama dalam kalender Islam dan salah satu dari empat bulan suci dalam setahun!

10. Di bulan suci Muharram ini, semoga Allah memberimu kekuatan, kesabaran, kebahagiaan, dan kesehatan, Muharram Mubarak!


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU ISLAM atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight