Twit Turis Pertama ke Bulan Pecahkan Rekor Retweet Terbanyak

Oleh: Ibnu Azis - 7 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aksi "kuis" bagi-bagi duit Yusaku Maezawa di Twitter mendulang lebih dari 4,7 retweet hingga Senin (7/1) sore.
tirto.id - Sebuah twit Yusaku Maezawa, turis pertama ke bulan, pecahkan rekor retweet terbanyak di Twitter. Hingga Senin (7/1/2019) pukul 17.50 WIB, twitnya yang diunggah pada Sabtu (5/1) lalu mendulang lebih dari 4,7 juta kali retweet.

Twit Maezawa melampaui jumlah retweet Carter Wikerson yang diunggah pada 5 April 2017. Hingga hari ini, twit Wikerson menerima lebih dari 3,5 juta retweet.


Saat itu, Wikerson mengunggah twit tersebut agar mendapatkan nugget gratis andai mendapatkan 18 juta retweet. Lantas, apa maksud dari twit Maezawa?


Maezawa melalui akun @yousuck2020 mengunggah foto dengan gaya mirip kartu ucapan tahun baru Jepang di Twitter pada Sabtu (5/1) lalu. Di twit itu Maezawa berbagi cerita bagaimana omzet ZOZOTOWN, salah satu lini bisnisnya.

"Omzet tahun baru [2019] ZOZOTOWN tercepat dalam sejarah dengan volume penjualan 10 miliar Yen sejauh ini," tulisnya.


Namun, bukan kabar tersebut yang membuat twit Maezawa mendulang jutaan retweet, melainkan apa yang ia tulis setelahnya.

"Saya akan memberikan 100 juta Yen [sekitar Rp130 juta, kurs Rp130] untuk 100 orang. Caranya, cukup ikuti akun ini dan retweet twit ini," tambah akun @yousuck2020.

Maezawa membuka "kuis" tersebut sejak twit itu diunggah sampai dengan hari ini, tanggal 7 Januari 2019. Nantinya 100 pemenang beruntung akan dihubungi melalui pesan pribadi di Twitter (DM).

Menurut The Verge, twit Maezawa memecahkan rekor retweet Wikerson pada Minggu (6/1) saat meyentuh sekitar 3,6 juta reweet. Angka ini terus bertambah mendekati ditutupnya "kuis" bagi-bagi duit tersebut.

Adapun Maezawa merupakan miliuner Jepang sekaligus penguasaha dan kolektor seni. Ia mendirikan perusahaan Start Today pada 1998 dan situs ritel fashion online terbesar di Jepang, ZOZOTOWN pada 1994.

Menurut laman Metro UK, Maezawa tahun lalu dikonfirmasi sebagai turis pertama ke bulan yang akan melancong menggunakan pesawat ruang angkasa Elon Musk, SpaceX pada 2023 mendatang.

Maezawa tak sendirian dalam wisatanya itu. Enam hingga delapan orang diajak, dari artis, arsitek, dan desainer selama seminggu perjalanan bersamananya.


Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis