Twibbon Hari ASEAN 2022: Logo, Tema, dan Kapan Peringatannya?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 5 Agu 2022 12:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Twibbon Hari ASEAN 2022 yang diperingati 8 Agustus dan temanya.
tirto.id - ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Persatuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Setiap tahun, ASEAN akan merayakan hari jadinya pada 8 Agustus.

Kamboja selaku ASEAN Chair 2022 (Ketua ASEAN) mengambil tema "ASEAN A.C.T.: Adressing Challenges Together" atau ASEAN A.C.T.: Mengatasi Tantangan Bersama".

"Sebagai Ketua ASEAN 2022, Kamboja berkomitmen untuk memimpin ASEAN dengan tema “ASEAN A.C.T.: Addressing Challenges Together” untuk keharmonisan, perdamaian, dan kemakmuran di seluruh kawasan. Saya berharap dapat menyambut Anda semua dengan hangat di Kamboja pada tahun 2022," tulis Kamboja.


Tema tersebut menggarisbawahi semangat ASEAN yaitu "Togetherness" atau "Kebersamaan" sebagai satu komunitas dan kemauan bersama dalam upaya kolektif mengatasi tantangan yang dihadapi di kawasan ASEAN.

“Kebersamaan” menekankan pendekatan berorientasi aksi ASEAN yaitu berdasarkan keterbukaan, itikad baik, solidaritas, dan harmoni dalam keluarga ASEAN.

Di bawah tema ini, Kamboja berusaha membawa ASEAN menjadi lebih harmonis damai, stabil, dan sejahtera, mendukung keterlibatan ASEAN dengan kawasan yang lebih luas.


Twibbon Hari ASEAN 2022 dan Arti Logonya


Untuk memperingati Hari ASEAN 2022 yang tiba pada 8 Agustus, Anda bisa mengunggah twibbon. Twibbon bisa Anda buat sendiri atau Anda unduh dari frame yang sudah tersedia.

Berikut ini contohnya:

1. https://www.twibbonize.com/asean55
2. https://www.twibbonize.com/asean22

Anda juga bisa membuat twibbon sendiri di laman tersebut menggunakan logo ASEAN yang sudah tersedia. Logo Hari ASEAN 2022 memakai simbol bunga teratai yang mewakili bentuk seni Khmer yang berasal dari ukiran relief di dinding kuil Khmer kuno. Simbol tersebut menggambarkan kemurnian dan regenerasi diri.

Simbol bunga teratai terbungkus indah dalam lingkaran emas yang rumit dengan lambang ASEAN di pusat untuk melambangkan kemakmuran dan harmoni dalam damai.

Penempatan yang cermat dari simbol-simbol ini secara keseluruhan mewujudkan semangat dan upaya bersama 10 negara ASEAN.
Negara-negara ini terikat bersama oleh persahabatan dan solidaritas dengan tujuan umum bersama yaitu mengatasi semua tantangan menuju pembangunan inklusif dan berkelanjutan di Komunitas ASEAN sekarang dan di masa depan.

Logo Hari ASEAN terdiri dari beberapa bagian, yaitu warna biru pada 6 kelopak, warna merah pada 4 kelopak, lingkaran emas, dan logo ASEAN.


Baca juga artikel terkait HARI ASEAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight