Tundukkan Bucks 4-2, Raptors Tantang Warriors di Final NBA 2019

Oleh: Permadi Suntama - 26 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Toronto Raptors vs Milwaukee Bucks di final Wilayah Timur NBA 2019 yang berakhir dengan 100-94, membuat Raptors lolos ke final NBA 2019 melawan Golden State Warriors.
tirto.id - Toronto Raptors berhasil melaju ke final NBA 2019, setelah berhasil menundukkan Milwaukee Bucks 100-94 di Game 6 final Wilayah Timur NBA pada Minggu (26/5/2019). Hasil tersebut mengantarkan Pascal Siakam dan rekan-rekan memenangi final series Wilayah Timur, dengan kedudukan 4-2.

Bermain di Scotiabank Arena, Toronto, Nick Nurse, kembali menurunkan skuat yang bermain di game sebelumnya. Kawhi Leonard yang berposisi small forward, menjadi pemain yang diandalkan untuk mendulang poin. Ia pun menjadi penyumbang angka terbanyak untuk timnya dengan 27 poin, 17 rebound dan 7 asisst.

Sementara itu, di kubu tim tamu, Giannis Antetokounmpo, menjadi pengatur serangan Milwaukee Bucks. Pelatih Mike Budenholzer, pun tetap mempertahankan starter yang bermain di game sebelumnya, karena Nikola Mirotic, masih belum bisa tampil.

Tembakan 2 angka Kawhi Leonard di awal kuarter 1, membuka keunggulan Raptors. Namun, ini segera dibalas oleh tembakan 3 angka Khris Middleton. Bucks kemudian mengauasai jalannya pertandingan dan memimpin perolehan poin hingga 6-14.

Sejumlah perubahan yang dilakukan Nick Nurse, sempat membuat Raptors menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Namun Milwaukee Bucks, yang wajib menang di laga kali ini kembali menjauh dan menutup kuarter 1 dengan keunggulan 18-31.

Memasuki kuarter 2, ritme permainan tidak jauh berbeda, dengan Bucks, mendulang poin lebih banyak, bahkan sempat unggul 23-38. Namun di paruh kuarter, tembakan 2 angka Kyle Lowry dan dunk Pascal Siakam, berhasil menginspirasi kebangkitan Raptors. Mereka terus mendulang poin demi poin dan berhasil menipiskan kedudukan menjadi 43-50 di paruh pertandingan.

Kebangkitan tuan rumah berlanjut di kuarter 3. Kendati sempat kembali tertinggal jauh 61-76, saat laga menyisakan 2 menit 18 detik, mereka berhasil mengunci laju poin Bucks, dan menambah sejumlah poin. Skor 71-76 masih untuk keunggulan Bucks.



Memasuki kuarter terakhir, dobel-dobel beruntun yang dibuat Fred VanVleet, Norman Powell Serge Ibaka, dan Pascal Siakam membuat Raptors kembali unggul sejak kuarter 1. Di akhir kuarter, Kawhi Leonard mendapatkan free throw, usai dilanggar oleh pemain Bucks, menutup pertandingan dengan skor 100-94 untuk keunggulan Toronto Raptors.

Kemenangan ini mengantarkan Toronto Raptors ke final NBA 2019. Mereka sudah ditunggu oleh Golden State Warriors yang terlebih dahulu melaju ke final usai menundukkan Portland Trail Blazers dengan skor telak 4-0 di final series Wilayah Barat.

Golden State Warriors sendiri merupakan juara bertahan NBA 2019, dan final musim ini merupakan yang ke-5 berturut-turut. Sementara bagi Toronto Raptors, ini merupakan final pertama mereka sepanjang keikutsertaan di kompetisi basket terbesar di Amerika Serikat tersebut.

Starter

Milwaukee Bucks: Khris Middleton; Giannis Antetokounmpo; Malcolm Brogdon; Brook Lopez; Eric Bledsoe.

Toronto Raptors: Kyle Lowry; Kawhi Leonard; Marc Gasol; Pascal Siakam; Danny Green.

Baca juga artikel terkait NBA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus