Tumblr Akan Blokir Konten Dewasa Per 17 Desember 2018

Oleh: Ibnu Azis - 4 Desember 2018
Kebijakan ini muncul hanya beberapa hari setelah aplikasi Tumblr dihapus dari Apple App Store.
tirto.id - Tumblr, mikroblog dan jejaring sosial, akhirnya mengumumkan bahwa akan resmi memblokir seluruh konten dewasa di platformnya efektif mulai 17 Desember 2018.

"17 Desember 2018, konten khusus dewasa tidak akan diizinkan di Tumblr, berapa pun usia Anda," bunyi penjelasan Tumblr dikutip dari laman resmi mereka, Selasa (4/12/2018).

Menurut The Verge, kebijakan ini muncul hanya beberapa hari setelah aplikasi Tumblr dihapus dari Apple App Store, lantaran konten pornografi anak yang lolos dari filter Tumblr.

Lebih lanjut, definisi konten dewasa menurut Tumblr, mencakup foto, video, atau GIF yang menunjukkan alat kelamin manusia nyata atau puting perempuan yang mempresentasikan, dan konten apa pun--termasuk foto, video, GIF, dan ilustrasi--yang menggambarkan tindakan seks.

Kendati begitu, Tumblr masih mengizinkan konten ketelanjangan terkait seni, pendidikan, kesehatan, politik, maupun berita. Misalnya proses kelahiran atau ibu menyusui.

Bagaimana dengan konten dewasa yang sudah ada? Tumblr menjelaskan, setelah tanggal 17 Desember, konten tersebut akan ditandai sebagai dewasa dan akan dikembalikan ke pengaturan pribadi, yang hanya dapat dilihat oleh pemiliknya.

Pengguna juga dipersilakan mengajukan banding untuk mempertahankan konten mereka, jika menilai Tumblr salah menandai konten yang dimaksud sebagai dewasa.

Sebelumnya, Tumblr memang mengizinkan konten dewasa di platformnya, yang berujung pada pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Februari 2016 silam. Namun, pemblokiran itu bersifat sementara.

Pada Maret 2018, Kominfo kembali memblokir layanan mikroblog tersebut. Keputusan pemblokiran ini dilakukan setelah Tumblr tidak membersihkan konten-konten asusila sampai lewat batas waktu yang telah ditentukan.

"Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari Tumblr, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS Tumblr pada hari Senin 5 Maret 2018 sore," jelas pihak Kemkominfo pada 3 Maret 2018.


Baca juga artikel terkait PEMBLOKIRAN TUMBLR atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis