Tujuh Kota Penghasil Bir Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Oleh: Alexander Haryanto - 14 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tujuh kota penghasil bir terbaik yang wajib dikunjungi.
tirto.id - Bir adalah salah satu minuman yang banyak digemari karena kadar alkoholnya yang terbilang ringan. Dari sekian banyak jenis minuman beralkohol, bir juga termasuk paling populer di dunia. Hal tersebut membuat pembuatan bir berkembang pesat dengan berbagai merek.

Maka, tak heran bila di Jerman terdapat festival bir tahunan terbesar di dunia yang digelar di Theresienwiese. Bahkan, acara bernama Oktoberfest ini sudah berlangsung sejak 12 Oktober 1810, atau 209 tahun silam. Selain Jerman, ada beberapa negara lain yang menjadi tempat wajib dikunjungi oleh pecinta bir, seperti dilansir dari Lifehack.

1. Dublin

Dublin adalah salah satu tempat bagi salah satu bir paling terkenal di dunia bermerk Guinness. Bir merk ini telah dibuat oleh Arthur Guinness sejak tahun 1759. Tidak hanya Guinness, bir merk lokal lainnya juga banyak tersedia di kota ini sehingga memantik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

2. Praha

Praha adalah ibu kota Republik Ceko yang disebut-sebut sebagai kota bir karena warganya memiliki tingkat tertinggi dalam meminum bir bahkan lebih tinggi dari Jerman. Kota ini juga tersedia banyak pub dan menawarkan lebih dari 30 jenis merk bir.
'
Apabila ingin mengunjungi kota ini, maka disarankan agar mendatanginya selama bulan Mei karena ada acara Festival Bir Ceko. Acara ini berlangsung selama 17 hari dan pengunjung bisa menikmati lebih dari 70 jenis bir.

3. Munich

Bagi para pecinta bir, Munich bisa menjadi tempat liburan yang mengasyikkan. Sebab, di tempat ini, ada sebuah festival bir yakni Oktoberfest yang menarik lebih dari 6 juta pengunjung dari seluruh dunia. Acara ini juga sudah menjadi agenda tahunan yang menjadi tempat wajib dikunjungi bagi pecinta bir.

Menurut situs Beergembira, setiap tahunnya Oktoberfest memang menawarkan varian bir sangat terbatas, yang hanya terdiri dari enam bir lokal Bavaria: Augustiner, Hacker-Pschorr, Hofrau, Lowenbrau, Paulaner, dan Spaten. Meski begitu, kualitas bir-bir itu ternyata tidak sembarangan. Selain terkenal di Jerman, bir-bir tersebut juga terkenal di segala penjuru dunia.

4. Brussel

Sejak abad pertengahan, Belgia dan ibu kotanya sudah menjadi tempat bagi eksperimental bir. Dengan menyempurnakan pengetahuan, ada banyak jenis bir yang lahir dari tempat ini. Bahkan, bir sudah menjadi sangat tradisional dan merambah ke agama karena banyak biara yang membuat minuman.

5. Montreal

Kota terbesar kedua di Kanada ini juga menjadi tempat bagi sejumlah pabrik bir karena budayanya sudah menyerupai Eropa. Selain itu, kota ini juga disebut-sebut sebagai tempat lahirnya Molson Brewery, yang merupakan tempat pembuatan bir tertua di Amerika. Waktu yang tepat mengunjungi kota ini adalah bulan Juni karena ada festival bir.

6. Portland

Ada lebih dari 50 pabrik bir hadir di tempat ini sehingga menjadikannya sebagai tempat paling bergairah dalam industri bir di Amerika Serikat. Bahkan ekonomi di kota ini juga sangat bergantung pada produksi bir.


Baca juga artikel terkait BIR atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight