Tuduh CONMEBOL Korup, Messi Dihukum 3 Bulan Tak Bisa Bela Argentina

Oleh: Beni Jo - 3 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Selain tak dapat membela timnas Argentina selama 3 bulan, Messi juga kena denda 50 ribu dolar AS dari CONMEBOL.
tirto.id - Lionel Messi mendapatkan hukuman larangan tampil bersama timnas Argentina selama tiga bulan oleh pihak CONMEBOL pada Sabtu (3/8/2019). Konfederasi Sepakbola Amerika Latin itu juga memberikan denda 50.000 dolar AS kepadanya. Hukuman ini terkait tudingan Messi yang menyebut bahwa CONMEBOL korup.

"Menghukum Lionel Messi selama 3 (tiga) bulan sejak pemberitahuan keputusan ini ditetapkan. Sebagai akibat, sang pemain ditangguhkan untuk bisa bermain dalam pertandingan resmi dan persahabatan bersama Tim Nasional dalam periode waktu tersebut," tulis pernyataan resmi CONMEBOL, dilansir situs web, Sabtu (3/8).

Dalam pernyataan yang diketahui oleh Amarilis Belisario selaku wakil presiden Komisi Disiplin CONMEBOL, mereka juga memberikan denda 50.000 dolar AS kepada La Pulga. Hukuman ini atas dasar artikel 12.6 dari peraturan disiplin CONMEBOL.

Messi sendiri tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayarkan denda karena secara otomatis biaya tersebut akan dikurangkan pada jumlah hadiah yang diterima oleh AFA selaku federasi sepakbola Argentina dari keikutsertaan mereka di ajang Copa America 2019 yang berlangsung di Brasil Juli lalu.

Namun, pihak CONMEBOL masih memberi waktu kepada bintang milik Barcelona itu untuk melakukan banding atas keputusan ini dengan selambat-lambatnya selama tujuh hari setelah ditetapkan.

Seperti diketahui bahwa komentar Messi selama gelaran Copa America 2019 menimbulkan kontroversi. Melansir Marca, kapten Argentina itu menuduh CONMEBOL sebagai lembaga yang korup setelah dirinya menerima kartu merah dalam laga perebutan juara ketiga di Copa Amerika ketika melawan Chile. Selain itu, ia juga percaya bahwa pihak konfederasi lebih mendukung Brasil sepanjang gelaran turnamen tersebut.

Pada pertandingan tersebut, Messi diusir oleh wasit akibat perselisihan dengan kapten Chile, Gary Medel. Keduanya juga diganjar hukuman kartu merah oleh sang pengadil lapangan. Di akhir laga, La Albiceleste keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 dan berhak atas juara ketiga.

Dengan berlakunya hukuman bagi Messi selama 90 hari kedepan terhitung sejak 3 Agustus 2019, maka ia akan melewatkan tiga laga persahabatan bersama timnas Argentina, yakni duel menghadapi Chile, Meksiko, dan Jerman.

Untuk pertandingan pertama di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar, Messi dipastikan akan tetap absen karena menjalani larangan hukuman satu laga akibat kartu merah pada pertandingan di Copa America 2019 saat melawan Chile silam.


Baca juga artikel terkait LIONEL MESSI atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight