Tirto & NU Online

Tuannya Bulan-Bulan hingga Momen Jihad: Nama-Nama Lain Ramadan

Oleh: Ivan Aulia Ahsan - 15 Mei 2019
Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebut Ramadan sebagai "tuannya bulan-bulan". Di bulan itu masjid-masjid diramaikan orang-orang beriktikaf.
tirto.id - "Penghulu bulan-bulan adalah bulan Ramadan dan yang paling agung kesuciannya adalah Zulhijah."

Itulah penggalan hadis riwayat Imam Baihaqi yang menunjukkan betapa istimewanya Ramadan. Dan hadis itu hanyalah salah satu di antara puluhan hadis lain yang sejenis.

Ramadan disebut juga sebagai bulan jihad, sebab ada beberapa perang di zaman Nabi dan periode awal Islam yang terjadi pada Ramadan. Tapi tentu saja jihad hawa nafsu termasuk di dalamnya, ketika kita berhadapan dengan diri sendiri. Sebagai contoh, kita harus menahan diri berkata yang tidak baik ketika puasa.

Sementara itu, Ramadan dinamakan pula sebagai "bulan masjid". Penamaan ini tentu saja lantaran masjid-masjid lebih ramai dari biasanya, bahkan di malam hari, ketika Ramadan.

Malam bulan Ramadan, khususnya lima belas terakhir, dianjurkan banyak diisi dengan iktikaf atau ibadah dengan berdiam diri di masjid. Iktikaf hukumnya sunah. Rasulullah senantiasa melakukan iktikaf di malam Ramadan.


Dalam dua artikel sebelumnya, kami sudah menayangkan sepuluh nama lain Ramadan yang diinventarisasi Zainuddin bin Muhammad. Jumlah totalnya ada enam belas.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang enam nama selanjutnya, silakan simak artikel berikut ini.




Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ivan Aulia Ahsan
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ivan Aulia Ahsan
Editor: Zen RS