Tsamara Amany: Ibu Kota Baru Agar Perhatikan Ruang Terbuka Hijau

Oleh: Riyan Setiawan - 14 Mei 2019
Tsmara Amany menyatakan agar aspek lingkungan hidup dalam pembangunan Ibu Kota diperhatikan.
tirto.id - Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia, Tsamara Amany mengatakan, pemindahan Ibu Kota jangan sampai merusak lingkungan.

"Harus sama-sama ikut dilibatkan dalam penyusunan roadmap dan juga ikut aktif cari tahu Ibu Kota yang layak. Misalnya pembangunan tidak merusak lingkungan dan sebagainya," ujar dia, saat di Rumah Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Menurut dia, Jakarta sebagai Ibu Kota negara selama ini tidak pernah memenuhi target ruang terbuka hijau, karena sudah habis untuk gedung dan pusat ekonomi baru.


"Tapi kalau misalnya nanti gedung-gedung pemerintahan yang saat ini tidak ada lagi di Jakarta, tapi pindah ke kawasan lain itu akan memungkinkan gedung-gedung ini bisa jadi ruang terbuka hijau. Kita tahu Jakarta terbatas banget, setengah mati," ucap dia.

Menurut dia, pemerintah harus memastikan proses penganggarannya dan harus transparan. Selanjutnya, kata Tsamara, jangan sampai pemindahan Ibu Kota meninbulkan masalah baru.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) ini mengatakan, Ibu Kota yang baru harus memiliki infrastruktur memadai, mulai dari transportasi massal hingga perumahan.

"Itu harus mulai disiapkan dari sekarang. Itu pentingnya roadmap yang harus dibangun oleh Pak Jokowi di periode kedua ini. Masalah-masalah fundamental yang terjadi di Jakarta pindah ke Ibu Kota yang baru," kata dia.



Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBU KOTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali