Trump Teken Perjanjian Dagang AS-Vietnam Sebelum Bertemu Kim

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 27 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum menggelar pertemuan dengan Kim Jong-un, Presiden Donald Trump bertemu presiden Vietnam untuk menandatangani kesepakatan perdagangan pesawat.
tirto.id - Presiden AS Donald Trump tiba di Vietnam untuk pertemuan dengan Kim Jong-un membahas denuklirisasi Korea Utara.

Sebelum melalukan pertemuan dengan Kim, Trump bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong untuk memimpin penandatanganan kesepakatan dagang dengan Hanoi pada Rabu (27/2/2019).

Melansir Associated Press, Trump dan Presiden Nguyen menandatangani penjualan 110 pesawat Boeing senilai miliaran dolar AS di Hanoi.

Boeing Corporation, perusahaan pesawat yang berpusat di Chicago ini menjual 100 buah pesawat seri 737 MAX untuk perusahaan penerbangan low fare Vietnam, Vietjet.

Boeing juga menjual 10 buah pesawat 787 Dreamliners kepada perusahaan penerbangan Bamboo Airways.

Pembelian pesawat tersebut telah di rencanakan sejak beberapa waktu lalu. Melansir Post and Courier, Bamboo Airways yang memulai penerbangan sejak bulan lalu mulai mengembangkan jaringan rute panjang seperti penerbangan ke Eropa dan Amerika Serikat.

Federal Aviation Administration menyatakan bahwa Bamboo memenuhi standar untuk membuka penerbangan internasional.

“Visi jangka panjang kami adalah menghubungkan Vietnam ke kunci pasar Asia, Eropa, dan Amerika Utara, dan kapabilitas dari karya seni Dreamliners ini kan membantu kami mewujudkan tujuan kami,” kata Trinh Van Quyet, ketua Bamboo FLC Group.


Pesawat Dreamliners yang sekarang milik Bamboo Airways ini dijadwalkan beroperasi mulai April 2020.

Vietjet, yang membeli 100 pesawat senilai 13 miliar dolar AS ini juga tertarik untuk beroperasi ke Amerika Serikat.

Ketika pesanan Vietjet diumumkan tahun lalu, CEO Boeing Commercial Airplane, Kevin McAllister mengatakan bahwa perdagangan ini adalah kontribusi terhadap hubungan perdagangan antara Vietnam dan Amerika Serikat.

Selain itu, meningkatkan kerjasama regional dengan potensi pengembangan yang luar biasa.

Sebelumnya, Donald Trump tiba di Vietnam pada Selasa (26/2/2019) pukul 21.00 waktu setempat setelah melewati 20 jam perjalanan dari Maryland, dengan dua kali transit di Inggris dan Qatar untuk mengisi bahan bakar seperti dikutip New York Post.

trump menulis melalui akun Twitternya 19 jam yang lalu, “Tiba di Vietnam. Terima kasih untuk smeua orang untuk penerimaannya yang hebat di Hanoi. Kerumunan yang dahsyat, dan sambutan yang penuh cinta!” tulisnya.

Kim Jong-un telah tiba lebih awal dengan kereta menempuh perjalanan sejauh 2,8 ribu mil selama 65 jam dengan kereta.


Baca juga artikel terkait KTT AS KORUT atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora