Premier League Liga Inggris

Trio Rashford, Martial, Greenwood Kacau Jika MU Gaet Sancho?

Oleh: Permadi Suntama - 3 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Rencana Manchester United mendatangkan Jadon Sancho bisa "mengacaukan" kesolidan trio Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood.
tirto.id - Rencana Manchester United mendatangkan Jadon Sancho dalam bursa transfer musim panas menjadi sorotan. Pasalnya, trio Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood, tampil menjanjikan di Premier League 2019/2020 yang menempatkan MU di klasemen akhir Liga Inggris serta lolos ke Liga Champions musim depan.

Musim 2019/2020, Martial dan Rashford masing-masing mencetak 22 gol di semua ajang. Adapun Si belia Greenwood menyumbangkan 17 gol, termasuk yang membuatnya membuat dirinya sebagai pencetak gol termuda untuk Manchester United pada usia 18 tahun 72 hari.

Melakoni musim penuh pertamanya bersama tim senior The Red Devils, Greenwood berpeluang melewati rekor Wayne Roneey. Pada musim 2004/2005, Rooney mencetak 17 gol dalam semusim, dan Greenwood saat ini sudah mengoleksi jumlah gol yang sama.

Dilansir dari situs web resmi klub, jumlah gol Mason Greenwood dapat bertambah karena Manchester United masih bermain di Liga Eropa. Di kompetisi tersebut, ia sudah membukukan 5 gol dari 7 penampilan.

Berdasarkan statistik dari Whoscored, Greenwood rata-rata membuat 2,3 tendangan ke gawang di setiap laga di Liga Eropa. Secara keseluruhan, produk asli akademi MU ini mendapat nilai 7,42 dari Whoscored.

Jika Greenwood mampu menambah 3 gol lagi, trio-nya bersama Martial dan Rashford bakal menyamai capaian Denis Law, David Herd, dan John Conelly, di musim 1964/1965. Kala itu, trio legendaris Manchester United tersebut mengumpulkan 20 gol dalam semusim.


Rumor Sancho ke Old Trafford

Jika benar MU menghendaki dan mampu mewujudkan kedatangan Jadon Sancho, trisula lini depan Setan Merah bakal berubah.

Posisi Mason Greenwood sebagai pemain yang paling junior dibanding dua rekannya, bisa jadi akan digeser oleh Sancho. Terlebih, Greenwood dan Sancho memiliki posisi yang sama, yakni penyerang sisi kanan.

Bahkan, bukan tidak mungkin Greenwood akan dilego atau dipinjamkan ke klub lain untuk mendapat menit bermain lebih banyak.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka kompetisi 2019/2020 menjadi musim pertama dan terakhir bagi trio Martial, Rashford, dan Greenwood.

Dilansir dari BBC, Manchester United masih terus melakukan pembicaraan dengan Borussia Dortmund untuk memboyong Sancho. Klub Bundesliga Jerman tersebut kukuh tak akan melepas pemainnya, di bawah harga 120 juta paund.

Namun, mereka terbuka dengan berbagai model pembayaran sehingga MU dapat menyicil transfer Sancho mengingat situasi keungan klub yang terdampak pandemi.

Jika Sancho datang ke Old Trafford, besar kemungkinan bakal menggeser posisi Greenwood.

Greenwood memang masih bisa mendapat tempat mengingat MU akan tampil di Liga Champions musim depan sehingga Ole Gunnar Solskjaer butuh melakukan banyak rotasi.

Terlebih, kompetisi musim depan akan berlangsung lebih padat karena baru dimulai di bulan September dan harus selesai di bulan Mei 2021.

Mason Greenwood masih memiliki peluang untuk mendapat menit bermain yang cukup di skuad The Red Devils. Namun, dia diprediksi tidak akan menjadi pilihan utama di lini serang Manchester United.

Baca juga artikel terkait MANCHESTER UNITED atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight