TREASURE, Grup Baru YG Entertainment Akan Debut Tanpa Ha Yoon Bin

Oleh: Maria Ulfa - 6 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Boy group baru bentukan YG Entertainment TREASURE akan melangsungkan debut mereka pada 2020, tanpa Ha Yoon Bin.
tirto.id - TREASURE, boy group baru bentukan YG Entertainment melalui program surivival “YG Treasure Box” akan melangsungkan debut pada 2020 tanpa salah satu anggotanya, Ha Yoon Bin.

Hal tersebut dikarenakan Ha Yoon Bin memutuskan untuk hengkang dari grup pada 31 Desember 2019 lalu.

“Sayangnya, Ha Yoon Bin telah meninggalkan TREASURE per tanggal 31 Desember 2019. Setelah musyawarah panjang, Ha Yoon Bin menyatakan bahwa tujuan dari arah musiknya tampaknya lebih cocok dengan artis solo daripada kegiatan tim, jadi dia meminta untuk berbicara tentang pemikirannya tersebut dengan agensi,” ujar perwakilan YG Entertainment pada Senin (6/1/2020), seperti dikutip Soompi.

“Setelah beberapa diskusi dengannya, kami berada pada keputusan untuk menghormati kemauan keras dan pendapat Ha Yoon Bin dan mengakhiri kontrak eksklusifnya pada tanggal 31 Desember 2019.”

Sementara itu, grup yang awalnya diberi nama TREASURE 13 dan terbagi menjadi dua grup unit, yakni TREASURE dan MAGNUM akhirnya ditetapkan untuk debut dengan satu nama, yakni TREASURE dengan total 12 anggota.

“YG secara terpisah memilih 7 anggota TREASURE dan 6 anggota MAGNUM melalui program YG Treasure Box dan secara keseluruhan menamai mereka TREASURE 13. Akan tetapi, telah diputuskan bahwa ketiga tim akan digabungkan dengan satu nama TREASURE,” sambung YG.

YG juga menyatakan, keputusan itu diambil dengan penuh pertimbangan demi kesuksesan debut dan perkembangan TREASURE ke depannya.

YG melanjutkan, “TREASURE yang diformasi ulang menjadi 12 orang, akan merilis konten baru melalui berbagai kanal mulai Januari 2020. Kami akan melakukan upaya terbaik untuk mendukung kegiatan aktif bermusik dan kesuksesan debut TREASURE."

Sebelumnya, Ha Yoon Bin sendiri diumumkan sebagai salah satu personel MAGNUM. Hengkangnya Ha Yoon Bin dari grup membuat sejumlah penggemar merasa sedih, sebab mereka telah menunggu kabar debut sang idola sudah sejak lama. Sehingga, tagar #ThankYouHaYoonBin akhirnya menjadi trending Twitter di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Adapun, ke-12 anggota yang akan debut dalam grup TREASURE adalah Choi Hyun Suk, Haruto, Bang Yedam, Kim Jun Kyu, Park Jeong Woo, So Jung Hwan, Yoo Jae Hyuk, Mashiho, Kim Do Young, Yoshinori, Park Ji Hoon, dan Asahi.

Selain itu, sebelumnya YG sempat menyatakan bahwa lagu-lagu untuk TREASURE akan diciptakan dan dikomposeri oleh produser dari YG Entertainment, Black Label, dan YGX yang terdiri lebih dari 30 produser ekslusif.

Akan tetapi, kini YG memutuskan, para anggota TREASURE juga akan secara langsung berpartisipasi dalam proses pembuatan lagu dan penulisan lirik untuk lagu-lagu mereka ke depannya.

Di sisi lain, YG juga telah mengumumkan nama fandom untuk TREASURE yaitu “Treasure Maker”, di mana panggilan tersebut sering digunakan saat acara YG Treasure Box berlangsung.

Selain itu, nama tersebut juga memiliki arti bahwa kesuksesan dan pertumbuhan grup TREASURE ke depannya akan dibuat dan ditentukan oleh para penggemar mereka.

Sementara itu, menjelang debut pada awal 2020, YG Entertainment juga telah merilis foto teaser ke-12 anggota TREASURE. Di dalam foto tersebut, seluruh anggota TREASURE terlihat mengenakan pakaian berwarna hitam dengan gambar foto monokrom. Selain itu, sebagai awal baru, YG juga menuliskan caption berupa, “TREASURE NEW START” dalam postingan tersebut.


Baca juga artikel terkait KPOP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight