Transjakarta Gratis Mulai Jam 18.30 Hari Ini Sampai Listrik Normal

Oleh: Addi M Idhom - 4 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Transjakarta menggratiskan layanannya sejak pukul 18.30 WIB hingga aliran listrik di Jakarta secara total normal kembali dan MRT bisa beroperasi lagi.
tirto.id - Aliran listrik padam secara massal di Jabodetabek pada hari ini. Di Jakarta, listrik mulai menyala kembali pada sekitar pukul 19.30 WIB, Minggu malam (4/8/2019).

Karena kejadian ini, PT Transportasi Jakarta (transjakarta) menggratiskan semua layanan bus BRT dan non-BRT, sejak pukul 18.30 WIB hari ini, guna membantu masyarakat sampai ke tujuan.

“Pemprov DKI baru saja memberikan instruksi kepada Transjakarta untuk menggratiskan seluruh layanan agar warga ter-evakuasi dengan Baik,” kata Corporate Secretary Transjakarta, Nadia Diposanjoyo melalui keterangan tertulisnya pada Minggu sore.

Menurut Nadia, layanan gratis diberlakukan di halte-halte yang sudah mendapat pasokan listrik seluruh Jakarta.

“Semua halte, semua jenis bus, tanpa kecuali, sejak pukul 18.30 WIB sore ini digratiskan hingga pasokan listrik kembali menyala normal di seluruh wilayah DKI dan MRT kembali beroperasi,” ujar Nadia.

Sebelumnya, transjakarta telah mengimbau masyarakat mencari halte yang terdekat dari stasiun KRL, MRT dan KCI, jika hendak bepergian saat listrik padam pada hari ini.

“Kami mengirimkan tambahan armada khusus bagi seluruh penumpang KCI [kereta commuter] untuk membantu mengevakuasi masyarakat,” kata Nadia.

Dia memaparkan, di Koridor 1, Transjakarta kerahkan 30 unit bus single dan 6 bus gandeng. Ada juga tambahan 34 bus sedang.

Sebanyak 31 unit bus Transjakarta disiapkan untuk Rute Manggarai-Blok M (10 bus), Manggarai-UI (15 bus) dan Manggarai-Ragunan (6 bus).

Sementara 63 bus lainnya dikerahkan untuk rute Tanah Abang-Gondangdia, Tanah Abang-Blok M, Tanah Abang-KP Melayu, Tanah Abang-Kebayoran, Tanah Abang-Batusari, Tanah Abang-Pasar Minggu, Tanah Abang-Pondok Cabe dan Tanah Abang-Senen.

Berikut ini Layanan Transjakarta alternatif untuk pengguna transportasi publik di Jakarta yang terganggu karena pemadaman listrik:

MRT Jakarta Lebak Bulus - HI
1. Koridor 1 Blok M-Kota
2. Koridor 8 Lebak Bulus - Harmoni
3. 1E Pondok Labu - Blok M
4. 1N Blok M - Tanah Abang
5. 1P Bundaran Senayan - Senen

KRL Bogor - Jakarta Kota
1. 4B Manggarai - UI
2. 9D Pasar Minggu - Tanah Abang

KRL Serpong - Tanah Abang
1. S11 BSD - Grogol
2. 8E Bintaro - Blok M
3. 9E Kebayoran Lama - Grogol
4. 8C Kebayoran Lama - Tanah Abang

KRL Tangerang/Poris
1. T11 Poris - Bundaran Senayan
2. T12 Poris - Juanda

KRL Bekasi Barat dan Bekasi Timur
1. B11 Bekasi Barat - BNN
2. B21 Bekasi Timur - BNN


Baca juga artikel terkait MATI LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight